Follow Us

Ingin Beri Kesan Tertentu Pada Ruang? Cek Dulu 3 Tips Mudah Memasang Bingkai

- Senin, 08 Mei 2017 | 06:00
3 Tips Mudah Memasang Bingkai
idea

3 Tips Mudah Memasang Bingkai

iDEAonline.co.id - Membuat rumah menjadi lebih atraktif dan fun bisa dengan berbagai cara. Yang mudah adalah menggunakan aksesori atau hiasan. Agar tidak banyak memakan tempat, Anda juga bisa menggantung hiasan tersebut atau memajang foto/lukisan di dinding. Jangan khawatir 3 tips mudah memasang bingkai ini akan membantu Anda.

Memasang bingkai tak sekadar untuk mengisi kekosongan dinding. Pilihan objek yang tidak tepat dan kesalahan pasang, bisa merusak suasana dan komposisi di dalam ruangan. Salah tempat pun bisa merusak keindahan ruang. Inilah 3 hal yang semestinya dipikirkan sebelum memasang bingkai.

1. Hubungan Bingkai dan Ruang Ada hubungan antara objek yang dibingkai dengan ruangan di mana bingkai diletakkan. Objek (gambar) memberi kesan tertentu pada ruang. Sebaliknya tatanan ruang memperkuat dan menonjolkan kualitas objek (gambar). Sebuah bingkai dapat kita gunakan sebagai pemberi nilai tambah bagi benda yang kita bingkai dan menjadi hiasan unik bagi ruang. Karenanya, pikirkan tentang keselarasan gaya, warna, dan motif di dalam ruang dengan bingkai yang kita pasang sehingga tercipta paduan dari setiap elemen interiornya. Demikian pun dengan model bingkainya. Pilih sesuai kebutuhan dan kecukupan ruang (space).

2. Posisi Bingkai Setidaknya ada dua hal pokok yang harus diperhatikan saat memajang bingkai. Pertama, kenyamanan pandang. Pasanglah bingkai dengan ketinggian titik tengah bingkai sejajar dan setinggi pandangan mata, yaitu berkisar antara 150 cm - 160 cm (tinggi rata-rata orang Indonesia).

Jika diletakkan terlalu tinggi akan memaksa kepala mendongak saat memandangnya, sedangkan jika terlalu rendah akan menjadikan kita harus menundukkan kepala atau membungkukkan badan untuk dapat menikmatinya. Kedua, manfaatkan bingkai sebagai penyeimbang ruangan. Artinya posisi bingkai tak harus simetris dengan furnitur benda-benda lainnya karena menimbulkan kesan kaku, terlalu biasa, dan membosankan. Pilihlah titik fokus yang menarik.

3. Teknik Memajang Memajang bingkai tidak selalu dengan cara digantung menggunakan tali. Teknik off the wall merupakan salah satu cara peletakan bingkai selain digantung di dinding. Bersama pernik aksesori lainnya, sebuah bingkai dapat diletakkan begitu saja di atas meja. Justru peletakan seperti ini menciptakan titik fokus yang menarik dan memberi peluang untuk diubah-ubah letaknya dan ditata ulang.

Mudah bukan, iDEA Lovers? Tertarik untuk mengaplikasikan bingkai di rumah?

Foto: Dok. Crown-Viking By Crown

Editor : Sabrina Alisa

Latest