Follow Us

3 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Vacuum Cleaner

Sabrina Alisa - Sabtu, 17 Desember 2016 | 05:00
3 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Vacuum Cleaner
Sabrina Alisa

3 Hal yang Harus Diketahui Saat Memilih Vacuum Cleaner

iDEAonline.co.id - Setidaknya ada 3 hal yang harus diketahui saat memilih vacuum cleaner. Penyedot debu alias vacuum cleaner sudah jamak ditemukan di rumah tangga saat ini. Sejatinya, vacuum cleaner dapat menggantikan fungsi sapu. Apalagi kini para produsen membenamkan berbagai teknologi canggih yang membuat vacuum cleaner dapat membersihkan berbagai macam kotoran di atas berbagai permukaan.

Dengan banyaknya pilihan, konsumen tidak jarang malah menjadi bingung, vacuum clenaer mana yang harus dibelinya? Sata memilih vacuum cleaner, perhatikan 3 kelengkapan berikut ini.

1. Nozzle.

Ini adalah bagian ujung pengisap. Ada vacuum cleaner yang hanya menyediakan satu jenis nozzle. Ada pula yang menyediakan berbagai jenis, untuk disesuaikan dengan berbagai kebutuhan. Misalnya, nozzle ada yang dilengkapi sikat agar debu yang menempel dapat terangkat sempurna. Atau nozzle yang dapat bermanuver sehingga vacuum cleaner mampu menjangkau sudut-sudut sulit. Semakin banyak jenis nozzle yang melengkapi, semakin dapat diandalkan vacuun cleaner tersebut.

2. Filter.

Bagian ini sangat penting bagi perangkat penyedot debu. Pastikan vacuum cleaner yang Anda pilih dilengkapi dengan High-Efficiency Particulate Arrestance (HEPA) filter. Ini artinya filter tersebut dapat menyaring partikel debu dengan lebih efisien, sehingga udara yang dikeluarkan kembali oleh vacuum cleaner benar-benar bersih. Ketahui pula apakah filter dapat dengan mudah dicuci atau diganti yang baru.

3. Motor.

Inilah bagian mesin yang mempengaruhi daya isap vacuum cleaner. Perhatikan angka perputaran mesinnya (rpm) yang mengindikasikan kekuatan motornya. Semakin besar angka ini, semakin kuat daya isap sebuah vacuum cleaner. Namun, perhatikan pula suara motornya. Vacuum cleaner yang berkualitas bagus, walaupun motornya kuat, suaranya tidak bising.

Nah, semoga setelah memperhatikan 3 hal di atas, Anda tidak lagi bingung sat memilih vacuum cleaner!

Foto: Dok. Electrolux

Editor : Sabrina Alisa

Latest