Follow Us

Solatube, Solusi Efektif Pangkas Biaya Listrik

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 28 April 2014 | 02:10
Solatube Solusi Efektif Pangkas Biaya Listrik
Devi F. Yuliwardhani

Solatube Solusi Efektif Pangkas Biaya Listrik

iDEAonline.co.id - Isu kenaikan tarif listrik beberapa waktu belakangan ini tentunya meresahkan masyarakat. Perlu digarisbawahi bahwa penarikan subsidi pemerintah yang rencananya akan dimulai Mei 2014 ini lebih kepada usaha pemerintah untuk menggeser target subsidi. Pasalnya, sebanyak 52% dari total subsidi listrik ternyata tidak tepat sasaran. Rencananya, mulai awal bulan Mei, sebagian subsidi listrik untuk golongan industri akan ditarik dan dialihkan . Usaha ini akan sepenuhnya rampung pada bulan Desember 2014 mendatang dengan target penarikan subsidi hingga Rp71triliun.

Berita ini jelas membuat para pengusaha kelimpungan, pasalnya tagihan listrik akan terus meningkat seiring bertambahnya bulan jelang akhir tahun. Disaat seperti inilah para pengusaha harus jadi mandiri dan jeli dalam melihat peluang dan mencari solusi yang tepat untuk mengantisipasi pengeluaran biaya listrik yang berlebih di masa yang akan datang. Dalam bangunan skala besar, penggunaan listrik terbesar biasanya berasal dari lampu dan AC. Terlebih jika desain bangunan tidak memiliki banyak bukaan, sehingga mengharuskan perusahaan untuk mengeluarkan banyak uang untuk mengaplikasikan lampu di seluruh titik dalam ruang.

Menanggapi permasalahan ini, inovasi yang disuguhkan Solatube bisa jadi solusi yang tepat guna. Dengan teknologi yang diterapkan, Solatube akan membantu Anda menghadapi permasalahan ini dengan lebih bijak.

Sesuai dengan namanya, Solatube memasukkan cahaya matahari melalui tabung reflektor yang kemudian dihantarkan ke dalam ruangan. Uniknya, seluruh cahaya yang dikeluarkan dari tabung merupakan murni dari cahaya matahari. Hal inilah yang membuat pendar cahaya dari Solatube lebih konstan. Karena Solatube bersifat reflektif, maka cahaya yang masuk ke dalam ruangan tergantung pada cahaya luar. Namun Anda jangan khawatir, karena meskipun mendung, cahaya yang dihasilkan tetap bisa mengakomodasi ragam aktivitas Anda di dalam ruangan.

Lalu bagaimana dengan Solatube sebagai produk hemat energi? Dari segi ramah lingkungan, Solatube merupakan langkah konkrit hemat energi karena pengoperasiannya tanpa mengunakan energi listrik dan memanfaatkan cahaya matahari yang berlimpah. Solatube Daylighting System bisa menghemat penggunaan listrik (lampu) hingga 80% *( Berdasarkan pada US Green Building Council, "Well designed daylighting can reduce lighting energy use by 50%-80%." Source: ED&C). Angka yang fantastis bukan? Bagaimana tidak? Logikanya, dengan mengaplikasikan Solatube, pada dasarnya Anda mengganti cahaya lampu di dalam gedung dengan cahaya alami tanpa listrik sedikit pun. Bayangkan jika Solatube digunakan di dalam gedung Anda, hemat bukan?

Tidak hanya untuk hunian kecil, Solatube juga sangat ideal digunakan oleh gedung-gedung bertingkat, dengan ketinggian tabung maksimal 18meter. Tidak hanya itu, dengan lapisan penangkal UV, ruangan pun tetap terang, aman, tidak panas, bebas tagihan listrik, dan ramah lingkungan. Cocok untuk bangunan rumah tinggal maupun komersial, seperti perkantoran, apartemen, supermarket, gudang, pabrik, rumah sakit, hingga sekolah.

Bagaimana iDEA-Lovers? Tertarik? Klik.. Solatube

-

-

Halaman Selanjutnya

-
1 2

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest

Konsisten Dukung Konstruksi Berkelanjutan, Onduline Indonesia Kembali Raih Sertifikat Green Label Indonesia
Ciptakan Kamar Tidur Nyaman Layaknya di Hotel Bintang Lima, Tipsnya Gunakan Produk dari IndoLinen
Sambut Ramadhan, Nippon Paint Perkenalkan Koleksi Cat Tren Warna Ramadan 2024
ASEAN Steel Architecture Award 2024 Kembali Digelar, Ini Kategori dan Syarat Pendaftarannya

Popular

Tag Popular