Follow Us

Metamorfosis Porcelain tile

Maulina Kadiranti - Rabu, 14 Mei 2014 | 12:32
Metamorfosis Porcelain tile
Maulina Kadiranti

Metamorfosis Porcelain tile

iDEAonline.co.id - Porcelain tile, material pelapis lantai yang hingga saat ini paling umum digunakan. Porcelain tile memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan material pelapis lantai lainnya. Dari harganya yang sangat variatif, ukuran yang beragam, pilihan warna yang cukup banyak, hingga motif yang menarik. Ditambah lagi dengan sifat permukaannya yang mudah dibersihkan dan minim perawatan. Tak heran bila material hasil metamorfosis porcelain tile ini begitu difavoritkan sebagian besar masyarakat. Penerapannya pun tak lagi hanya pada lantai, tapi juga sebagai penambah nilai estetis pada dinding.

Meskipun demikian, saat ini cukup banyak masyarakat yang menggunakan material pelapis lantai lainnya. Dari parket, batu alam, teraso, vinyl, dan sebagainya. Alasannya tak lain adalah karena material-material tersebut memiliki bentuk ataupun warna yang tidak dimiliki oleh porcelain tile. Dan tentunya, material tersebut dapat menciptakan kesan alami yang berbeda. Meski demikian, kita tak dapat menampik bahwa sebagian material tersebut cenderung lebih mahal dan lebih rumit perawatannya dibanding porcelain tile. Namun kembali ke soal selera, beberapa orang tetap memilih material-material tersebut.

Padahal, saat ini teknologi pembuatan porcelain tile sudah sangat canggih. Permukaan bermotif alami, bentuk persegi panjang atau heksagon, semua bisa Anda dapatkan. Porcelain tile seakan bermetamorfosa menjadi material lain, seperti kayu ataupun batu alam. Begitu beragamnya jenis porcelain tile yang kini tersedia di pasaran, memungkinkan Anda mendapatkan tampilan yang "lain" seakan Anda bukan menggunakan porcelain tile.

Mungkin Anda sedikit penasaran, bagaimana pola alami tersebut dapat dibuat di permukaan porcelain tile? Saat ini proses pengolahan permukaan porcelain tile tak hanya memberikan warna yang bervariasi. Ada satu teknik modern baru yaitu high definition digital printing. Teknik high definition digital printing adalah teknik pencetakkan motif pada permukaan porcelain tile dengan sistem komputerisasi.

Dari garis-garis halus bak urat kayu, hingga titik kasar permukaan batu, semua dapat dicetak pada modul porcelain tile. Bahkan dengan munculnya teknologi high definition digital printing dalam metamorfosis porcelain tile, terbuka kemungkinan untuk membuat porcelain tile dengan motif lain yang lebih bervariasi. Anda bisa mendapatkan lantai berpenampilan kayu, batu, hingga beton, namun dalam harga dan perawatan yang lebih ringan.

Foto: Dok. Niro Granite Indonesia

Editor : Maulina Kadiranti

Latest