Follow Us

Antisipasi Pelaku Pasar Properti di Tahun Pemilu

Maulina Kadiranti - Jumat, 24 Januari 2014 | 06:00
Antisipasi Pelaku Pasar Properti di Tahun Pemilu
Maulina Kadiranti

Antisipasi Pelaku Pasar Properti di Tahun Pemilu

Melemahnya rupiah dan naiknya suku bunga membuat pelaku pasar cenderung melakukan aksi menahan rencana ekspansi atau pembelian. Ditambah dengan melemahnya sentimen sebagian kalangan sebagai antisipasi dampak pemilu yang akan berlangsung tahun ini membuat volume permintaan pasar di semua sektor belakangan ini menurun. Kondisi tersebut merupakan kesimpulan paparan yang diberikan oleh Jones Lang LaSalle, konsultan properti Internasional yang berkantor pusat di Chicago, Amerika Serikat, dalam acara bertajuk Quarterly Media Briefing, yang di adakan di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta pada tanggal 23 Januari 2014.

Mengacu kepada hasil survey pasar properti di Jakarta yang di lakukan oleh Jones Lang LaSalle baru-baru ini, tren perlambatan yang mulai terjadi sejak triwulan III lalu masih berlanjut ke triwulan IV, kata Anton Sitorus, Head of Research di konsultan tersebut.

Di sektor perkantoran komersial, Angela Wibawa (Head of Markets) mengatakan bahwa penyerapan ruang kantor di daerah CBD sepanjang triwulan IV ini kembali menurun dari sekitar 61,000 m2 di triwulan sebelumnya menjadi sekitar 24,000 m2.

Sementara itu, Luke Rowe (Head of Residential) menyampaikan bahwa penjualan sepanjang periode Oktober dan Desember 2013 turun tipis dibanding periode triwulan III menjadi sekitar 2,250 unit. Dengan demikian, tambahnya, total penjualan kondominium di pasar primer di Jakarta selama tahun 2013 mencapai sekitar 13,260 unit, dimana jumlah tersebut melampaui total penjualan di periode puncak tahun 2012 lalu.

Sektor ritel merupakan sektor yang pertumbuhannya relatif cukup stabil dibanding yang lainya, kata Vivin Harsanto yang membawahi department Consulting. Dalam tahun 2013 lalu, total penyerapan di mal sewa Jakarta mencapai sekitar 179,000 m2 dan tingkat hunian tetap di kisaran 93%.

Foto: Hamzah Al Rasyid

Editor : Maulina Kadiranti

Latest