Follow Us

Manfaat Lain Limbah Kulit Telur

Devi F. Yuliwardhani - Senin, 14 April 2014 | 10:30
Manfaat Lain Limbah Kulit Telur
Devi F. Yuliwardhani

Manfaat Lain Limbah Kulit Telur

iDEAonline.co.id - Apa yang biasa Anda lakukan setelah memecahkan kulit telur ketika memasak? Pasti sebagian besar dari Anda langsung membuangnya ke tempat sampah. Psst, ternyata kulit telur ini memiliki manfaat lain lho!

Kulit telur yang kaya akan kalsium ini dapat menjadi elemen dekoratif seperti wadah lilin, pembersih perabotan dapur dan penyubur tanaman. Hmmm menarik bukan? Seperti apa lengkapnya? Ini dia tiga cara pemanfaatan kulit telur:

1. Wadah Lilin

Sulap sampah cangkang telur menjadi wadah untuk lilin dengan langkah mudah berikut ini. Pertama pecahkan kira-kria seperempat bagian cangkang telur. Bersihkan dan hilangkan bau amisnya. Tempatkan cangkang telur pada wadah telur berbahan karton.

Pasang sumbu lilin yang sebelumnya sudah dilumuri dengan lilin hangat, dari dasar cangkang telur hingga ke atas. Isi kulit telur dengan cairan lilin panas. Untuk alasan keamanan, sebaiknya gunakan corong untuk mengisinya. Lalu biarkan cairan lilin panas mengering. Terakhir potong sumbu yang berlebih dan lilin berwadah telur siap hiasi ruang tamu Anda!

2. Membersihkan Panci/Teflon Berminyak

Cangkang telur juga dapat membersihkan teflon berminyak lho! Caranya, campurkan sabun cuci piring dengan pecahan kulit telur. pecahan kulit telur akan menghancurkan sisa sisa makanan yang menempel pada perabotan dapur dan dapat menghilangkan minyak pada perabotan.

3. Penyubur Tanah

Taburi pecahan kulit telur pada pot atau lubang tampat Anda menanam. Kalsium dan mineral lainnya yang terkandung dalam kulit telur dapat memperlambat pembusukkan pada bunga yang mekar. Selain itu kulit telur juga memberikan tanaman asupan nutrisi tambahan.

Sumber: www.brightnest.com

Editor : Devi F. Yuliwardhani

Latest