Follow Us

Menarik! Story Tower Usir Kejenuhan Menanti Bus

Maulina Kadiranti - Senin, 12 Mei 2014 | 08:10
Menarik! Story Tower Usir Kejenuhan Menanti Bus
Maulina Kadiranti

Menarik! Story Tower Usir Kejenuhan Menanti Bus

iDEAonline.co.id - Sehubungan dengan dipugarnya perpustakaan lokal kota C?sis, Latvia, Eropa. Mahasiswa Riga Technical University (RTU) membangun sebuah tempat membaca untuk masyarakat kota, Story Tower. Perpustakaan ini dibangun dengan material daur ulang limbah kemasan makanan.

Mereka memodelkan Story Tower seperti bentuk kap lampu raksasa. Tak hanya menjadi tempat membaca buku, Story Tower juga dapat digunakan berteduh sambil menemukan buku kesukaannya ketika hujan ataupun terik matahari.

Rak buku terintegrasi dengan dinding meruncing. Tersusun atas beragam buku-buku menarik pada rak yang tidak tinggi. Mereka sengaja menempatkan demikian agar pengunjung dapat dengan mundah meraih buku kesukaannya.

Lantai pada tower terbuat dari kayu lokal. Sementara fasadnya terbuat dari katon daur ulang tahan air donasi Tetra Pak; sebuah perusahaan multinasional pengemas makanan. Karton-karton tersebut dilipat, dipotong dan ditempatkan pada kerangka sehingga menciptakan atap yang tahan air.

"Kami berusaha menggunakan konsep pembangunan lokal dari (tempat) pertukaran buku yang gratis ini, untuk menciptakan dialog antara perbedaan kelompok dan individu di kota," kata tim desain.

Disamping itu juga Story Tower merupakan tempat dimana pengujung dapat meminjam buku saat melakukan perjalanan jauh baik dengan kereta atau bus. Kemudian mengembalikannya setelah menyelesaikan perjalanan atau menemani mereka yang bosan menanti bus.

Perpustakaan ini terletak diantara stasiun kereta, terminal bus dan perpustakaan. Sehingga kerap ramai dilalui orang dari pagi hingga petang.

Oleh: Swantika Metta

Sumber: www.dezeen.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest

Popular

Tag Popular