Follow Us

Tetap Langsing Selama Lebaran, Ini Tipsnya

Sabrina Alisa - Selasa, 12 Juli 2016 | 06:00
Tetap Langsing Selama Lebaran Ini Tipsnya
Sabrina Alisa

Tetap Langsing Selama Lebaran Ini Tipsnya

iDEAonline.co.id - Terkadang, ingin tetap langsing selama Lebaran menjadi hal yang sulit dilakukan. Karena pada saat Lebaran tiba, berbagai makanan yang enak tentu disuguhkan. Gulai opor ayam, sambal goreng ati, dan rendang, menjadi makanan yang selalu ada saat Idul Fitri tiba. Makanan ini memang menawarkan kelezatan, namun makanan banyak mengandung santan dan lemak.

Diketahui, bahan makanan ini tentu tidak sehat bagi tubuh karena dapat memicu berbagai penyakit yaitu kolesterol tinggi. Tidak hanya itu, camilan Lebaran yang selalu menghiasi toples-toples cantik di meja ruang tamu seperti nastar, putri salju, dan kastengel pun bila dimakan secara berlebih juga tak baik karena camilan manis ini dapat menggemukan badan.

Nah, untuk tetap menjaga bentuk badan tetap ideal, Anda perlu mengatur pola makan saat Lebaran tiba. Ini empat tipsnya agar tubuh tetap langsing setelah Lebaran.

Perhatikan komposisinya

Makanan yang manis, bersantan, dan berminyak memang sangat menggiurkan dan menggoda. Tapi, tahan godaan tersebut. Bila memang ingin mencicipinya, bijaklah dalam mengambil makanan. Usahakan komposisinya seimbang. Misal, nasi atau ketupat lebih banyak daripada makanan yang mengandung protein dan lemak seperti opor dan gulai.

Makan secukupnya

Meskipun Lebaran merupakan momen spesial setahun sekali dan Anda sudah berpuasa selama sebulan penuh, bukan berarti Anda melakukan aksi "balas dendam" dengan makan dalam porsi yang terlalu besar. Cukup makan dengan porsi yang sewajarnya saja. Hindari makanan berlebihan agar lemak dalam tubuh tidak semakin menumpuk karena tentu Anda tak akan sempat berolahraga selama libur Lebaran.

Selingkan dengan sayur dan buah

Selama libur lebaran, jangan hanya makan makanan yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi. Selingkan dengan makanan yang sehat seperti buah dan sayur-sayuran. Dengan begitu, berat badan tidak akan melonjak secara dratis setelah Lebaran.

Tetap atur pola makan ya agar badan tetap ideal ketika Lebaran berakhir. Semoga bermanfaat, iDEA Lovers.

Sumber: dari berbagai sumber

Sumber foto: clinicdentalhouse.com

Editor : Sabrina Alisa

Latest