Follow Us

5 Macam Penataan Gaya Shabby Chic

Maulina Kadiranti - Senin, 06 Maret 2017 | 07:00
5 Macam Penataan Gaya Shabby Chic
Maulina Kadiranti

5 Macam Penataan Gaya Shabby Chic

iDEAonline – Secara harfiah, shabby chicyang terdiri dari kata shabbydan chic, memiliki arti lusuh dan bergaya. Sebagaimana arti harfiahnya, begitu pula pengertian shabby chic secara umum. Simak disini untuk 5 penataan gaya shabby chicyang bisa diterapkan di rumah.

Gaya shabby chic kental dengan warna-warna pastel yang lembut. Warna-warna seperti biru, merah muda, hijau, atau bahkan emas sekalipun yang dibuat secara lembut dapat menghiasi ruang bergaya shabby chic. Warna-warna ini dapat diaplikasikan secara tidak merata pada panel dinding maupun furnitur pengisi ruangan, sehingga kesan unfinished pun dapat terasa muncul di ruang. Kesan unfinished juga bisa hadir dari tampilan dinding bata yang tidak dilapis semen dan hanya dicat warna putih ataupun pada panel dinding yang dibuat dari papan kayu.

Untuk furnitur, biasanya digunakan furnitur bermaterial kayu yang dicat secara tidak merata agar terlihat usang seperti telah termakan waktu puluhan tahun. Tak jarang pula, furnitur dibuat rusak dengan goresan-goresan. Bahkan Anda dapat memanfaatkan perabot lama di rumah Anda.

Mengintip Interior Rumah Ria Miranda

Gaya klasik Amerika merupakan sentuhan gaya shabby chic yang dipakai oleh rumah Ria Miranda. Rumah tersebut memiliki ruang keluarga dengan warna cat baby blue yang menyegarkan. Furnitur berwarna floral dan pastel menjadi sebuah sambutan cantik untuk para tamu yang datang. Rumah ini terinspirasi dari desainer interior Rachel Ashwell yang sudah sangat terkenal dengan gaya American shabby chic-nya. Lihat di sini.

Shabby Chic Tak Harus "Ribet"

Ternyata ada trik tersendiri bila Anda benar- benar ingin membuat gaya shabby chic. Tidak hanya dengan pemakaian warna soft atau pastel Anda juga bisa bermain di penerangan. Penerangan maksudnya Anda bisa mengganti lampu Anda dengan indirect lamp. Kenapa indirect lamp? Karena lampu ini dapat menimbulkan kesan calm dan kesan terang namun temaram, pencahayaan seperti itu cocok untuk gaya shabby chic. Yuk lihat di sini.

Ruang Makan Bergaya Skandinavia

Gaya Skandinavia merupakan gaya yang lekat dengan gaya shabby chic. Penggunaan lantai kayu parket jadi salah satu gaya shabby chic yang ada di deretan ruang makan ini. Penggunaan warna putih dan pastel pada dinding dan furnitur juga memperlihatkan gaya shabby chic yang khas. Tidak hanya itu, pengaplikasian furnitur yang usang serta ruang yang unfinished juga menjadi salah satu kunci pada ruang makan berikut ini.

Kombinasi Warna Putih dan Material Kayu ala Paola Navone

Tak berbeda jauh dengan penerapan gaya shabby chic, gaya Skandinavia juga banyak menggabungkan berbagai desain interior mulai dari klasik, modern dan elegan. Coba tengok ruang tamu berikut ini. Ruang tamu berbalutkan serba putih ini di hiasi dengan segala kayu mulai dari lantai dan furnitur. Lantai yang digunakan juga merupakan lantai parlet yang biasa digunakan pada konsep shabby chic. Putih tapi tetap punya tujuan! Lihat di sini.

Interior Inggris Klasik di Mangia Cafe

Sebagian besar furnitur di Mangia Café berbahan dasar kayu. Keberadaan material ini sengaja diekspos dengan memperlihatkan serat-serat aslinya. Penambahan cat hanya sekadar untuk menutupi keusangannya. Warna cat pun dipilih yang bernuansa pastel, agar kesan shabby chic menonjol. Yuk mampir ke sini!

Foto: betterdecoratingbible

Editor : Maulina Kadiranti

Latest