Follow Us

Cara Melenyapkan Jamur dari Furnitur

Nurul Hardiyanti - Selasa, 19 Desember 2017 | 11:15
Cara Melenyapkan Jamur dari Furnitur
Nurul Hardiyanti

Cara Melenyapkan Jamur dari Furnitur

Rumahguide - Spora jamur yang beterbangan di udara dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui jalur pernafasan. Hal ini dapat menyebabkan serangan penyakit bagi orang yang mengidap alergi dan gangguan saluran nafas lainnya seperti asma. Walaupun demikian orang yang sehat pun tak luput dari serangan jamur. Hal ini tergantung pada ketahanan tubuh masing-masing. Serangan jamur yang kronis dapat menimbulkan infeksi paru juga gatal-gatal pada kulit.

Bagaimana caranya agar jamur lenyap dari furnitur? Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk melenyapkan jamur dari furnitur Anda.

1. Secara umum, spora jamur yang terdapat pada debu sangat suka hidup dan berkembang biak pada temperatur ruang yang hangat dan kondisi yang cukup lembap. Karena itu, usahakan agar rumah terhindar dari lembap dengan membuat banyak ventilasi.

2. Jangan meletakkan furnitur (khususnya yang terbuat dari kayu) menempel pada dinding, agar perabot pun mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kelembapan dan jamur pada furnitur.

3. Jangan mengisi lemari terlalu penuh. Karena lemari yang terlalu padat berisi barang kurang mendapatkan sirkulasi udara yang baik, sehingga menimbulkan kelembapan.

4. Bersihkan dan perbaiki segera bagian-bagian yang terkena serangan jamur, agar serangan tidak menyebar ke tempat lain, akibat spora jamur yang berterbangan. Untuk mencegah tumbuhnya jamur, segera keringkan bagian rumah atau perabot yang basah (misalnya karena kebocoran atau kebanjiran) dalam selang waktu 24 – 48 jam.

5. Kurangi kelembaban udara di dalam ruangan hingga mencapai kisaran 30 – 60% untuk mencegah pertumbuhan jamur, antara lain dengan cara: memberi ventilasi pada kamar mandi, menggunakan de-humidifiers, dan menggunakan exhaust fan.

6. Tidak menggunakan karpet adalah pilihan yang bijak bagi rumah-rumah yang berada pada daerah dengan tingkat kelembaban tinggi.

Teks Rahma Yulianti, Nia Irawan

Lokasi Kediaman Febri Febrian-Astari Kemala, Pondok Aren, Tangerang Selatan

Editor : Nurul Hardiyanti

Latest