Follow Us

Tip Merancang Ruang Makan yang Ideal dan Serba-Guna

Nurul Hardiyanti - Kamis, 24 Agustus 2017 | 04:30
Tip Merancang Ruang Makan yang Ideal dan Serba-Guna
Nurul Hardiyanti

Tip Merancang Ruang Makan yang Ideal dan Serba-Guna

Rumahguide - Pada hakikatnya, ruang makan merupakan sebuah ruangan yang menjadi tempat sang penghuni untuk menyantap makanan. Namun, mengingat luasan lahan yang semakin menyempit, serta kegiatan penghuni yang memadat, fungsi itu pun kian berkembang. Kebanyakan keluarga kini memanfaatkan waktu-waktu di ruang makan—seperti sarapan, santap siang ataupun makan malam—sebagai area berbincang antar anggota keluarga. Bentuk ruang makan modern pun cenderung sederhana, tanpa profil berlebih dan terkesan lebih “akrab”.

Bahkan, tak seperti di masa silam—ruang makan didesain tertutup dan dibatasi dinding—, banyak keluarga yang merancang ruang makan huniannya dengan konsep semi outdoor. Gazebo, teras, halaman belakang dan taman pun bisa digunakan sebagai ruang makan, terlebih lagi bila lahan hunian tak mencukupi.

Nah, bagaimana sih merancang ruang makan yang ideal dan menunjang kenyaman keluarga? Berikut ini tipnya!

1. Akses dan Lokasi Ruang Makan

Kemudahan akses merupakan salah satu syarat utama peletakan sebuah ruang makan. Terutama, aksesnya terhadap dapur. Di rumah-rumah mungil, seringkali ruang makan dan dapur bersatu. Namun, idealnya, ruang makan memiliki jarak dan pembatasan zona aktivitas yang jelas dengan dapur, tapi tetap berdekatan.

2. Sirkulasi Udara yang Baik

Kesehatan adalah poin penting yang harus dipenuhi dalam ruang makan. Salah satu hal yang memengaruhi kesehatan adalah sirkulasi udara. Dibutuhkan banyak bukaan—seperti jendela dan pintu—di dinding ruangan. Tak hanya mendapatkan udara yang sehat, dengan bukaan yang banyak, asap-asap masakan pun dapat keluar ruangan dengan mudah.

3. Buat Furnitur Custom

Sesuaikan ukuran, bentuk dan desain furnitur-furnitur ruang makan dengan kebutuhan dan ritual makan keluarga Anda. Dengan memesan furnitur bentuk custom, Anda bisa mengemas kegiatan makan bersama Anda sesuai kebutuhan dan karakteristik seluruh anggota keluarga.

4. Warna Penambah Nafsu Makan

Pemilihan warna memiliki kaitan erat dengan sisi psikologis sang penghuni. Anda pun harus berhati-hati menentukan warna dalam ruang makan ini. Terapkan warna penambah nafsu makan—seperti jingga dan merah—dalam salah satu elemen ruang makan, bisa pada dinding, lantai, furnitur, ataupun aksesorinya.

5. Maksimalkan Pencahayaan Ruang

Editor : Nurul Hardiyanti

Latest