Follow Us

Tips Jitu Rawat Bonsai Agar Semakin Indah

- Rabu, 21 Maret 2018 | 13:30
Tips mudah merawat bonsai
idea

Tips mudah merawat bonsai

iDEAonline – Semakin indah tanaman bonsai maka akan semakin tinggi harganya. Oleh sebab itu, para penggemar bonsai akan melakukan berbagai cara untuk membuat bonsainya tumbuh cantik. Bagi orang awam, ternyata merawat bonsai relatif mudah kok, ini dia tip nya!

1. Karena bonsai ditanam di dalam pot yang dangkal, penggantian media tanam secara berkala adalah hal wajib karena akan mendorong pertumbuhan akar baru. Jika pot sudah tidak menampung akar tanaman, segera ganti ke pot baru.

2. Siram tanaman bonsai secara teratur pagi dan sore hari. Sebaiknya, penyiraman dilakukan secara hati-hati, tidak menggunakan semporan air yang deras (misal dari keran air), cukup menggunakan gayung untuk akar dan semprotan lembut untuk daun.

3. Pangkas bonsai sebulan sekali untuk bonsai yang pertumbuhannya cepat atau 2—3 bulan sekali untuk bonsai yang pertumbuhannya lambat. Pemangkasan dilakukan pada bagian daun, cabang, ranting, dan batang. Hal ini dilakukan untuk membentuk bonsai sesuai keinginan.

4. Apapun jenis bonsai yang Anda miliki, lakukan pemupukan tanaman per satu bulan sekali menggunakan pupuk NPK atau urea.

5. Bonsai juga bisa diserang hama, misalnya kutu loncat pada daun. Segera semprotkan insektisida pada bonsai jika terdapat tanda-tanda ada hama yang menyerang.

Perawatannya mudah bukan, iDEA Lovers?

Penulis: Emilia Nuriana

Editor : iDEA

Latest