Follow Us

6 Tips Mendesain Rumah Ramah Lansia, Nomor 4 Harus Diperhatikan!

- Kamis, 30 November 2017 | 07:30
Rumah aman bagi lansia.
idea

Rumah aman bagi lansia.

iDEAonline – Untuk iDEALovers yang tinggal satu atap dengan orang tua atau lansia (lanjut usia), permasalahan desain rumah memang menjadi hal yang utama.

Fokus desain tak lagi sebatas pada kebutuhan estetik, namun juga harus mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan desain bagi orang tua. Hal ini untuk menjaga keselamatan mereka ketika beraktivitas di rumah.

Berikut 6 tips mendesain rumah ramah lansia yang harus diperhatikan!

1. Memaksimalkan ukuran ruang

Untuk memenuhi kebutuhan ini, ukuran dasar maksimum ruang menjadi hal utama yang harus diterapkan. Ini mengingat umumnya para lansia menggunakan alat bantu berjalan, seperti tongkat atau kursi roda.

Menurut buku “Time Saver Standard For Architect” karya Neufert, untuk orang berkursi roda dibutuhkan ruang selebar 91,4cm dan 150cm untuk memutar.

2. Kurangi keberadaan tangga

Tubuh yang tak lagi muda, keberadaan tangga di rumah dapat menimbulkan bahaya. Banyak kasus kecelakaan terjadi di area tangga, seperti tergelincir dan terjatuh.

Jika rumah Anda berlantai dua, sebaiknya letakkan kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang menonton televisi di lantai bawah. Ini dimaksudkan untuk mempermudah orang tua.

Selain itu, hindari pula leveling antarruang di rumah. Ini dapat menghambat pergerakan dan membuat kaki tersandung.

3. Aman di kamar mandi

Selain tangga, kamar mandi menjadi area yang sarat akan bahaya. Untuk itu, kamar mandi sebaiknya didesain luas, sehingga memudahkan mobilitas lansia.

Editor : iDEA

Latest