Follow Us

Kondisi Terkini Museum Bahari Pasca Kebakaran

- Selasa, 16 Januari 2018 | 09:45
dok. kompas.com/Garry Andrew Lotulung
idea

dok. kompas.com/Garry Andrew Lotulung

iDEAonline – Museum Bahari di Penjaringan, Jakarta Utara terbakar pada Selasa (16/1/2018). Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Utara, Satriadi mengatakan, pihaknya mendapat laporan kebakaran terjadi pukul 08.55 WIB.

Kepala Museum Bahari Husnison Nizar tidak dapat memastikan titik awal munculnya api. Dia hanya menyebut api dan asap berasal dari sisi utara Gedung C Museum Bahari.

Api akhirnya bisa dijinakkan pada sekitar pukul 11.00 WIB. Setelah itu, petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta melakukan pendinginan agar api tidak kembali berkobar.

Kebakaran diduga terjadi karena korsleting listrik. Salah satu penghambat pemadaman api yakni adanya lapisan alumunium di bawah genteng bangunan museum.

Kebakaran itu menghanguskan gedung C bagian utara museum dan koleksi miniatur model dan alat-alat navigasi laut. Koleksi museum yang merupakan sumbangan dari beberapa kedutaan besar juga ikut hangus terbakar.

Sehubungan dengan insiden tersebut, Museum Bahari akan kembali dibuka pada Rabu (17/1/2018). "Tidak ada rencana penutupan. Kita bereskan dulu, selamatkan dulu ruangan berisiko," ucap Kepala UPT Museum Kebaharian Husnison Nizar.

Sumber Kompas.com

Editor : iDEA

Latest