Follow Us

Canggih, Begini Cara Kerja Jamur Mengisi Retak Beton!

- Selasa, 23 Januari 2018 | 04:00
dok. mojmojster.net
idea

dok. mojmojster.net

iDEAonline – Berawal dari melihat kemampuan tubuh manusia dapat meyembuhkan bagian yang rusak, para ilmuwan di Universitas Binghamton, AS pun mencoba hal tersebut untuk retak beton.

Ya, jamur adalah menjadi pengisi untuk retak beton. Namun, bukan sembarang jamur yang dibudidayakan untuk penelitian ini. Ada beberapa spesifikasi yang harus dimiliki jamur dan jamur Trichoderma reesei terpilih sebagai jamur perekat beton.

Bagaimana jamur menjadi perekat beton yang rusak?

Seperti yang ideaonline lansir dari inhabitat, Congrui Jin, asisten professor Universitas Binghamton bersama dengan timnya membeberkan bagaimana jamur T. reesei menjadi perekat.

Awalnya, jamur dicampur dengan beton. Hingga terdapat retakan di beton muncul, jamur akan beraksi. Seiring air dan oksigen menembus celah, spora jamur akan berkecambah, melebar, dan membuat kalsium karbonat untuk mengisi retak. Sehingga, retak beton pun akan terisi dan diharapkan tak terjadi korosi.

Pengembangan ini baru memasuki fase awal dan masih diperlukan waktu lagi untuk benar-benar diaplikasikan pada beton. Belum ada bocoran waktu kapan jamur siap untuk diaplikasikan.

Editor : iDEA

Latest