Follow Us

4 Tips Jitu Bersihkan Gosong dan Kerak Pada Panci Dengan Bahan yang Murah dan Mudah Dibeli!

- Kamis, 22 Februari 2018 | 11:00
dok. pixabay.com
idea

dok. pixabay.com

Penulis Tiya Septiawati

iDEAonline – Masalah yang sering timbul pada panci dan wajan adalah kerak sisa masakan dan perubahan warna pada bagian panci yang terpapar api kompor.

Cara membersihkan panci yang gosong bisa dimulai dengan mengenali masalahnya—apakah bercak gosongnya terjadi langsung pada permukaan panci atau bercak gosongnya merupakan kerak sisa masakan yang menempel di panci.

Meskipun makanan yang hangus sudah dibuang, kadang-kadang baunya masih menebar ke seluruh rumah.

Untuk mengatasinya, ini tips membersihkan panci gosong dan berkerak dengan bahan yang murah dan mudah dibeli.

1. Cuka

Untuk membersihkan bagian bawah panci dan penggorengan yang gosong, cukup ambil secangkir cuka putih. Tambahkan dengan beberapa sendok makan baking soda tergantung besarnya noda gosong, lalu beri sedikit air.

Untuk menggosoknya, pakailah spons yang memiliki tekstur kasar. Selain dengan baking soda, cuka juga dapat dikombinasikan dengan garam. Isi air ke dalam panci.

Masukkan garam dan cuka, lalu rebuslah air dan campuran garam-cuka tersebut hingga mendidih. Setelah airnya dingin, cuci panci seperti biasa karena kerak gosongnya sudah lebih mudah diangkat.

2. Beras atau Irisan Lemon

Untuk membersihkan kerak dalam panci, masukkan segenggam beras atau irisan jeruk lemon yang cukup banyak ke dalam panci.

Tambahkan sedikit air hangat dan biarkan beberapa saat, lalu guncang-guncangkan panci. Kerak akan berjatuhan sedikit demi sedikit.

Halaman Selanjutnya

3. Minuman Bersoda
1 2

Editor : iDEA

Latest