Follow Us

Temukan Jawaban Dari Masalah Dinding di Sini!

Pipit - Selasa, 27 Februari 2018 | 11:30
Foto: pixabay.com
Agustina Sapitri

Foto: pixabay.com

PENULIS EMILIA NURIANA

LOKASI KEDIAMAN HARRIS-SUSANTI, FORESTA, BSD CITY, TANGERANG SELATAN

iDEAonline - Dinding bisa dibilang sebagai area yang paling menentukan keindahan rumah. Karena dengan mengecat dinding saja, rumah akan terlihat baru dan pastinya jadi lebih indah.

Tetapi, dinding juga jadi area yang paling sering mengalami masalah. Terlebih saat memasuki musim hujan seperti saat ini. Dinding rembes hingga retak rambut jadi masalah yang sering muncul. Karena itu, berikut ini adalah solusi dari beberapa masalah dinding di musim hujan. Semoga bermanfaat!

Foto: Jou Endhy Pesuarissa
Dinding Berjamur

Dinding kamar yang menempel dengan kamar mandi di rumah saya tampak kotor dan ditumbuhi jamur. Bagaimana solusinya?

Masalah ini bisa jadi karena ada rembesan air dari celah-celah dinding keramik kamar mandi akibat perekat di belakang keramik yang tidak penuh. Solusinya, apabila dinding kamar mandi sudah terpasang keramik, maka kupas kembali keramik seluas dinding yang lembap serta berjamur tersebut, kemudian aplikasikan perekat keramik dengan penuh agar tidak terjadi lubang-lubang yang akan menjadi celah masuknya air.

Cara lain, lapisi dinding menggunakan larutan fungisida. Kemudian bersihkan dinding menggunakan sikat lalu bilas dengan air. Setelah dinding kering, lapisi dengan waterproofing. Dinding kini sudah siap untuk dicat ulang.

Dinding Mengompol

Dinding di rumah saya terdapat noda air di beberapa tempat. Ini membuat dinding jadi lembap dan cat ikut mengelupas. Bagaimana solusinya?

Ini bisa terjadi karena lapisan aci dinding rumah dilakukan hanya pada dinding interior. Solusinya, berikan lapisan waterproo ng pada dinding. Namun cara ini hanya mengatasi masalah untuk sementara waktu dan harus selalu diulang kembali proses pelapisannya ketika dinding mengalami rembesan kembali. Cara lain, lakukan plester ulang pada dinding lalu cat kembali dinding.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest