Follow Us

Ciptakan Kamar Mandi yang Sehat Dengan Cara Ini

Nurul Hardiyanti - Sabtu, 10 Maret 2018 | 04:00
dok. aqva.co.uk
Nurul Hardiyanti

dok. aqva.co.uk

iDEAonline.co.id - Karena fungsinya spesifik dan membutuhkan saluran air bersih dan air kotor, kamar mandi berpotensi banyak masalah. Mulai dari kelembapan, saluran pampat, sampai bau tak sedap. Semuanya berkaitan dengan mewujudkan kamar mandi sehat. Agar kamar mandi sehat, baca dulu pertanyaan dan solusi seputar kamar mandi berikut ini!

Q: Apa apenyebab bau tak sedap di air keran?

A: Cek sumber air terlebih dahulu. Kualitas air tanah atau air PAM sering kali turun akibat pencemaran atau saluran p ipa yang rusak. Cek pula tangki penampungan air. Siapa tahu, tangki kotor atau berlumut. Kemudian lakukan pembersihan berkala sekaligus menambahkan filter pada pipa output. Tak lupa, periksa kondisi keran yang mungkin sudah karatan atau berlumut.

Q: Apa gunanya memasang pipa leher angsa di bawah wastafel?

A: Pipa leher angsa merupakan jenis pipa perangkap yang ada di bawah wastafe l. Air yang terjebak di sini merupakan perangkap yang menahan binatang atau bau tak sedap dari saluran pembuangan. Bagian leher angsa juga bisa dibuka untuk mempermudah pengontrolan saat pipa tersumbat.

Q: Kalau kamar mandi berada di tengah rumah, bagaimana cara agar kamar mandi tak lembap?

A: Penggunaan exhaust fan bisa menjadi solusi. Hanya, Anda harus menambahkan saluran cerobong udara untuk mengantarkan gas dari dalam kam ar mandi. Atau, pilih jenis pintu yang mempunya lubang udara. Pemilihan j enis pintu ini mempunyak konsekuensi tersendiri karena bisa menyebabkan ruang dalam lain ikut bau.

Q: Banyak serangga yang masuk melalui lubang buangan (floor drain). Bagaimana cara mengatasinya?

A: Saluran buangan Anda kemungkinan tidak dilengkapi dengan saluran penjebak yang menahan binatang dan serangga atau bahkan tikus masuk ke saluran. Perangkap bisa berupa bentuk huruf P, huruf S, huruf U hingga bentuk tabung. Lekukan pada pipa perangkap berfungsi menampung air sehingga serangga tak bisa melintasi bagian tersebut.

Q: Mengapa WC saya sering pampat? Bagaimana solusinya?

A: Proses penguraian kotoran yang tak optimal bisa menjadikan septictank penuh dan menyebabkan WC jadi pampat. Untuk mengatasinya, Anda dapat memanggil jasa sedot WC atau memasukan larutan pengurai tinja yang dijual di pasaran. Agar tak terulang kembali, hindari menguyur WC dengan lauratan sabun dan deterjen. Alasannya, larutan sabun dan deterjen dapat membunuh bakteri pengurai kotoran di septictank.

Dengan mengetahui beberapa hal di atas, semoga kamar mandi sehat dapat segera terwujud!

Teks: Hamzah Al Rasyid

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest