Follow Us

Memanfaatkan Sumber Daya Alam, Ini Teknologi Terbaru Panel Surya yang Dibuat Tim Insinyur Tiongkok!

- Selasa, 13 Maret 2018 | 09:00
dok. inhabitat.com
idea

dok. inhabitat.com

iDEAonline – Tim insinyur Tiongkok telah menciptakan panel surya hibrida baru yang dapat memanen energi dari tetes hujan.

Teknologi baru ini memanfaatkan efek triboelectric, di mana material tertentu menunjukkan muatan listrik setelah bersentuhan dengan material yang berbeda.

Bernama Triboelectric Nanogenerators (TENGs), dengan sengaja menciptakan muatan ini melalui gesekan antara tetesan air hujan dengan material yang menyusun panel surya.

Tak hanya tetesan air hujan saja, diharapkan nanti dapat digunakan untuk memanen listrik statis dari pakaian, roda mobil, atau layar sentuh.

Untuk membuat TENGs, tim menambahkan dua lapisan polimer transparan di atas panel surya mereka. Polimer lapis atas dibuat dari polydimethylsiloxane (PDMS), sedangkan lapisan bawah terdiri dari poli (3,4-ethylenedioxythiophene): poli(styrenesulfonate) (PEDOT: PSS).

Meskipun listrik yang dihasilkan oleh panel TENGs relatif kecil, namun demikian terbukti bahwa perangkat semacam itu dapat bekerja dan dapat ditingkatkan dengan penelitian lebih lanjut.

Sehingga akhirnya diharapkan panel surya hibrida terbaru pun dapat digunakan untuk kehidupan selanjutnya.

Editor : iDEA

Latest