Follow Us

Anak Tidur Terlalu Larut Malam Berpotensi Mengurangi Kecerdasan! Ini Alasannya!

- Rabu, 14 Maret 2018 | 12:30
dok. snoozeforkids.com
idea

dok. snoozeforkids.com

iDEAonline – Mendesain kamar anak bukan semata untuk menuruti keinginannya saja, melainkan juga untuk bisa menjadi tempat yang nyaman untuk tempat beristirahatnya kelak.

Ya, kamar anak biasanya adalah kerajaan kecil bagi buah hati Anda. Di sanalah ia bermain, belajar, dan beristirahat. Tapi, yang perlu diperhatikan adalah jika sang buah hati terbiasa tidur larut malam. Ini akan berdampak pada kecerdasannya.

Dikutip dari laman asiantown.net, para ahli menemukan bahwa anak-anak yang terbiasa tidur terlalu larut malam secara perlahan akan kehilangan kecerdasannya.

Ia bahkan akan berisiko menderita penyakit mematikan saat ia dewasa kelak. Anak-anak yang terbiasa tidur terlalu larut malam secara tidak sadar akan mengalami masalah pada psikologisnya. Tidak hanya itu, kurang tidur atau terbiasa tidur terlalu larut malam akan meningkatkan terjadi kerusakan pada otak.

dok. blogsachi
Idealnya, seseorang tidur selama 8 jam setiap harinya. Para ahli mengungkapkan jika kurang dari waktu itu bisa saja sangat berbahaya buat kesehatan. Begitu juga ketika tidur berlebihan.

Salome Kurt, penulis jurnal yang dipublikasikan di Fronteirs in Human Neuroscience mengatakan, "Selama tidur, ada banyak hal yang terjadi di otak. Tidur akan membuat otak istirahat dan ini memungkinkan seseorang menyimpan memori dengan baik."

"Tidur juga merupakan proses pematangan otak. Jika seseorang tak memiliki tidur cukup, tentu hal ini akan mempengaruhi proses tersebut. Ini juga sangat mungkin membuat seseorang mengalami masalah pada otaknya. Bagi anak-anak, ia bisa sangat mudah kehilangan kemampuan berpikirnya atau kehilangan kecerdasannya," lanjut Kurt.

dok. president-mobility.ru
Sementara itu, Prof Monique LeBourgeois dari University of Colorado Boulder dan Prof Sean Deoni dari Brown University mengatakan, "Anak-anak membutuhkan tidur cukup setiap harinya."

"Mereka sangat tidak dianjurkan tidur larut malam karena hal ini akan mempengaruhi jam biologisnya dan mempengaruhi kesehatan fisik maupun psikisnya. Sebisa mungkin, orang tua harus memastikan anak tidur tepat waktu setiap harinya," kata Prof Monique LeBourgeois.

Yuk, ciptakan suasana tidur di rumah! Entah dengan membacakan cerita, menggelapkan ruangan, menyingkirkan semua mainan dan gerakan yang dapat menarik perhatiannya, serta membuat udara dalam ruang agar lebih sejuk. Dengan begitu, diharapkan anak-anak bisa tidur cukup.

Sumber: dari berbagai sumber

Editor : iDEA

Latest