Follow Us

Ini Dia Suhu Ideal Menggunakan AC Pada Ruangan!

Pipit - Rabu, 04 April 2018 | 06:00
8 Kiat Agar Pendingin Ruangan Hemat Energi
Agustina Sapitri

8 Kiat Agar Pendingin Ruangan Hemat Energi

Editor Annisa Q. Aini

IDEAonline – Perkara sejuk dan dingin ini tercetus dari Sales DirectorLG Electronics, Budi Setiawan. Katanya, orang Indonesia sering sekali salah kaprah.

Pasang AC untuk membuat ruangan jadi dingin, jadilah temperatur diatur ke derajat paling rendah.Padahal, tujuan pemasangan AC seharusnya adalah untuk membuat ruangan jadi sejuk, bukan dingin. "Akhirnya jadi boros listrik, kan?," ujarnya.

ambience.es
Semakin rendah suhu yang kita atur, katanya lagi, sudah pasti semakin besar pula energi listrik yang dikonsumsi oleh AC.

Lantas, berapa suhu yang tepat untuk sebuah ruangan dikatakan sejuk? 24 sampai 25 derajat, jawab Budi.

Bahkan untuk beberapa orang mungkin lebih tinggi, 26 derajat pun masih nyaman untuk suhu dalam kamar. Lagi pula, lanjutnya, suhu terlampau rendah, apalagi sampai 18 derajat juga tidak baik untuk kesehatan.

Memang benar, bahwa AC adalah salah satu piranti rumah tangga yang paling banyak mengonsumsi listrik.

solucionesclimaticas.com
Tapi hidup di negara tropis seperti Indonesia, dengan suhu setiap hari sepanas di Jakarta atau kota besar lainnya, tanpa AC apa jadinya? Itu sebabnya, kita harus lebih bijak menggunakan AC.

Kalau memakainya sesuai kebutuhan, tidak berlebihan, tidak akan sampai membuat kantong jebol. Otomatis, efeknya terhadap lingkungan pun bisa lebih terkendali.

Jadi jangan salahkan AC-nya, tapi kebiasaan kita yang mungkin membuat biaya listrik membengkak. Apalagi sekarang sudah banyak sekali produk AC berteknologi hemat listrik.

Bijaklah memilih dan menggunakan AC dan piranti elektronik lainnya, kalau tidak mau pusing karena biaya listrik yang melangit.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest