Follow Us

Ini Trik Agar Buah dan Sayur Tetap Segar Saat Disimpan

Nurul Hardiyanti - Jumat, 30 Maret 2018 | 04:00
Setelah 7 Hari Dalam Kulkas Sayur dan Buah Ini Tetap Segar
Nurul Hardiyanti

Setelah 7 Hari Dalam Kulkas Sayur dan Buah Ini Tetap Segar

iDEAonline.co.id - Pada suatu waktu mungkin kita berbelanja bahan makanan lebih dari yang dibutuhkan hanya karena melihat bahan makanan yang segar atau harganya murah. Padahal buah dan sayuran mudah rusak karena waktu segarnya singkat. Akibatnya barang belanjaan tersebut jadi kehilangan rasa dan kesegarannya. Karena sayang membuangnya, kadang-kadang kita tetap memasak bahan makanan tersebut apa adanya. Lalu bagaimana menyimpan bahan makanan tersebut agar tetap segar?

Padahal, jika tahu cara menyimpannya kita masih dapat mengolahnya dengan baik. Patut diketahui, tidak semua makanan dapat disimpan dengan cara yang sama. Satu dan lainnya memerlukan teknik penyimpanan yang berbeda agar makanan bisa segar lebih lama. Coba kita lihat beberapa trik penyimpanan bahan makanan berikut ini.

Buah dan sayuran tidak perlu pendinginan

Beberapa buah-buahan dan sayuran tidak perlu disimpan dalam lemari es selama beberapa hari. Justru harus disimpan pada suhu kamar, jauh dari sinar matahari langsung, dan panas.

Pisang dapat disimpan dalam suhu kamar untuk tiga hari pertama, setelah lewat itu harus disimpan di lemari pendingin.Apel dapat disimpan di tempat buah untuk lima hari pertama, setelahnya, masuk ke lemari es.Buah grapefruit dapat disimpan di suhu kamar selama tujuh hari pertama.Plum, blackberry, dan buah berbiji lainnya, jika masih mentah, simpanlah di kantong kertas cokelat. Setelah matang, barulah masuk ke lemari pendingin.Bawang dan kentang tidak perlu masuk lemari pendingin. Simpanlah di tempat yang gelap dan kering. Pisang dapat disimpan dalam suhu kamar untuk tiga hari pertama, setelah lewat itu harus disimpan di lemari pendingin.

Apel dapat disimpan di tempat buah untuk lima hari pertama, setelahnya, masuk ke lemari es. Buah grapefruit dapat disimpan di suhu kamar selama tujuh hari pertama. Plum, blackberry, dan buah berbiji lainnya, jika masih mentah, simpanlah di kantong kertas cokelat. Setelah matang, barulah masuk ke lemari pendingin. Bawang dan kentang tidak perlu masuk lemari pendingin. Simpanlah di tempat yang gelap dan kering.

Buah dan sayuran yang harus masuk lemari pendingin

Bit, wortel, dan lobak untuk penyimpanan dalam lemari pendingin, sebelumnya potonglah bagian hijau di atasnya, lalu simpan dalam kantong kering, selanjutnya masukkan dalam lemari es.Mentimun, zucchini, paprika, dan labu, harus kering dan disimpan dalam kantong plastik atau kantung kertas sebelum dimasukkan lemari es.Sayuran berdaun perlu perhatian khusus. Bersihkan daun dan bungkus pada kertas untuk menyerap air. Lalu masukkan kantong plastik, dan masukkan kulkas.Simpan jagung dengan kulitnya untuk menghindari biji jagungnya dari pengeringan.Simpan jamur yang sudah dicuci dalam kantong kertas cokelat.Jika buncis tidak langsung digunakan, simpan terpisah dalam kantong plastik tanpa memotong ujungnya.

Bit, wortel, dan lobak untuk penyimpanan dalam lemari pendingin, sebelumnya potonglah bagian hijau di atasnya, lalu simpan dalam kantong kering, selanjutnya masukkan dalam lemari es.

Mentimun, zucchini, paprika, dan labu, harus kering dan disimpan dalam kantong plastik atau kantung kertas sebelum dimasukkan lemari es.

Sayuran berdaun perlu perhatian khusus. Bersihkan daun dan bungkus pada kertas untuk menyerap air. Lalu masukkan kantong plastik, dan masukkan kulkas. Simpan jagung dengan kulitnya untuk menghindari biji jagungnya dari pengeringan. Simpan jamur yang sudah dicuci dalam kantong kertas cokelat. Jika buncis tidak langsung digunakan, simpan terpisah dalam kantong plastik tanpa memotong ujungnya.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest