Follow Us

Ini Dia Tips Memilih Kuas Agar Hasil Mengecat Tampak Maksimal!

Pipit - Minggu, 01 April 2018 | 04:00
Foto: pixabay.com
Agustina Sapitri

Foto: pixabay.com

Penulis Maulina Kadiranti

iDEAonline – Salah satu kunci keberhasilan pengecatan adalah peralatan pemoles yang tepat.

Lapisan cat menjadi lebih merata dengan warna memesona. Penggunaan cat juga menjadi lebih efisien. Biaya dan waktu yang dikeluarkan bisa lebih hemat.

Interior Design
Namun, dengan banyaknya pilihan pemoles cat yang ada di pasaran, Anda harus cermat dalam memilih.

Kuas, misalnya. Alat pengecat ini cocok digunakan untuk bidang kecil seperti pagar dan lis. Agar hasil pengecatan memuaskan, berikut tips memilih kuas.

Foto: pixabay.com
• Bulu kuas harus bersifat fleksibel dengan ujung yang runcing. Bulu kuas yang meruncing ini akan menghasilkan polesan cat yang lebih merata dibanding dengan bulu kuas melebar.

• Hindari memilih kuas dengan bulu yang pendek, yang kerap ditopang dengan potongan kayu berbentuk V agar terlihat lebih tebal. Kuas jenis itu tidak dapat menyerap cat dengan baik. Sedangkan bulu yang pendek cenderung meninggalkan bekas kuasan (brush mark).

• Perhatikan jenis bulu kuas dengan cat yang Anda gunakan. Misal jenis bulu hewan untuk untuk cat minyak, sedangkan bulu berbahan filamen sintetis untuk cat waterbased.

• Untuk mengecat dinding atau permukaan yang luas, gunakan kuas dengan lebar 3-5 inci. Sedangkan untuk kuas yang lebih kecil, cocok untuk mengecat furnitur, kusen, atau bagian-bagian yang memerlukan ketelitian lebih tinggi.

Selamat mengecat!

Editor : Maulina Kadiranti

Latest