Follow Us

5 Makanan dan Sisa Makanan Ini Dapat Menyuburkan Tanaman di Halaman Lho! Yuk Cari Tahu!

Pipit - Kamis, 12 April 2018 | 11:00
dok. pixabay.com
Agustina Sapitri

dok. pixabay.com

Teks Rahma Yulianti

iDEAonline – Tanaman yang ditanam dalam pot lebih memerlukan perhatian dibandingkan dengan tanaman besar yang langsung ditanam di tanah.

Tanaman yang ditanam langsung di tanah dapat mencari makan sendiri, walaupun tetap harus disiram, sedangkan tanaman pot hanya punya kaveling yang terbatas untuk mencari makan.

Jika konsumsi makanannya berkurang, tanaman bisa berkurang kesuburannya.

Untuk menjaga kesuburan tanaman, kita harus menyiram setiap hari dan memberi pupuk. Namun, ada pengganti pupuk yang mudah di dapat dan murah, yang bisa didapatkan di sekitar kita.

Ya, menyuburkan tanaman dengan makanan! Apa saja itu?

1. Agar-agar

Serbuk agar-agar. Makanan yang selama ini kita konsumsi sebagai makanan berserat untuk menjaga kelancaran pencernaan, ternyata berguna juga untuk menyuburkan tanaman hijau.

Bahan yang diperlukan untuk membuat pupuk buatan ini hanya air panas, air dingin dan serbuk agar-agar.

Cara membuatnya mudah. Ambil 1-2 sendok makan serbuk agar-agar. Larutkan di dalam segelas air panas. Setelah benar-benar larut, tambahkan sedikit demi sedikit air dingin sebanyak 3 gelas. Aduk sampai merata.

Setelah larutan siap, segera siramkan pada tanaman di rumah Anda. Jika pemberian larutan ini dilakukan secara rutin, yaitu seminggu sekali, maka tanaman Anda akan tumbuh semakin subur, hijau, dan rimbun.

2. Ampas Teh

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest