Follow Us

Cari Tahu Tentang Terarium, Cara Menanam Tanaman dalam Wadah Tembus Pandang, di Sini!

Pipit - Senin, 23 April 2018 | 02:00
dok. mnn.com
Agustina Sapitri

dok. mnn.com

Penulis Sabrina Alisa

iDEAonline - Terarium adalah sebuah cara menanam tanaman hias dalam wadah tembus pandang yang setengah tertutup.

Konsep ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang hendak memasukkan tanaman ke dalam ruang.

Beragam jenis tumbuhan yang disatukan dalam satu wadah, membuat terarium menjelma bak taman mini di dalam rumah.

Sesungguhnya, pada abad 18--19 konsep terarium tak dibuat untuk fungsi dekoratif. Kisahnya justru berawal dari problema pengiriman tanaman.

Pengiriman yang menggunakan kapal tentu memakan waktu berbulan-bulan. Sesampainya di tujuan, risiko layu sudah pasti ada. Terarium kemudian dicetuskan agar tanaman terhindar dari risiko layu ini.

Dalam terarium, beragam tumbuhan diletakkan dalam satu wadah tertutup dan membuat ekosistemnya sendiri. Tumbuhan mengeluarkan karbondioksida pada malam hari, membuat wadah kaca berkabut yang akan dilepaskan sebagai embun pada pagi hari. Terarium dapat membuat hujannya sendiri.

Kini, terarium berada di era baru. Konsep ini tak lagi digunakan hanya untuk pengiriman barang. Isu urban seperti keterbatasan lahan menempatkan terarium sebagai taman mini yang dapat disematkan sebagai pemanis di tengah ruangan.

Tumbuhan yang ada dalam terarium adalah tanaman yang mudah perawatannya, seperti sukulen. Beragam jenis sukulen dapat Anda satukan di dalam wadah terarium. Tanamlah di atas media tanah dan pasir dan susun hingga cantik sesuai selera Anda.

Merawat terarium dapat dibilang cukup mudah karena tumbuhan di dalamnya tak memerlukan cukup banyak perhatian. Cukup dengan menyiramnya 7-10 hari sekali, Anda sudah dapat berkebun sekaligus mempercantik interior rumah.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest