Follow Us

Ada Apa Saja di Pameran Ruang Luang? Intip Serangkaian Acaranya di Sini!

- Kamis, 19 April 2018 | 11:45
Dok Universitas Institute Bandung
idea

Dok Universitas Institute Bandung

iDEAonline – Ruang Luang 2018 adalah pameran desain interior untuk membangkitkan kesadaran akan isu global yang berkaitan dengan interior di masa mendatang.

Diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Desain Interior (IMDI) ITB, pameran ini berlangsung pada tanggal 10, 11, 12 April 2018 di Bandung Creative Hub (BCH).

Dok Universitas Institute Bandung
Acara ini berangkat dari kurangnya kepekaan dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya peran desainer interior untuk meningkatkan fungsi dan nilai ruang.

Maka dari itu, isu yang diangkat adalah sebuah isu yang universal dan mendasar sehingga pengunjung pun dapat menerima urgensi yang ditekankan oleh pameran ini, yaitu kehidupan di masa yang akan datang, tepatnya di tahun 2045.

Dok Universitas Institute Bandung
Untuk mengajak pengunjung membuka mata melihat kemungkinan yang bisa terjadi ketika Indonesia berusia 100 tahun ini, Ruang Luang berfokus pada tiga topik isu utama: ruang terbatas; ruang dan material berteknologi tinggi; dan perubahan perilaku manusia.

Rangkaian acara Ruang Luang yang pertama adalah praacara berjudul “Workshop 1: Watercolor Interior Rendering” oleh Yandi Prayudhi pada tanggal 18 Maret 2018 di Kiputih Satu.

Dok Universitas Institute Bandung
Praacara yang kedua berjudul “Workshop 2: Perancangan Ruang Tinggal di Masa Depan” yang diisi oleh dosen-dosen dari Program Studi Desain Interior ITB (Bapak Deny Willy Junaedi, Bapak Yogie Candra Bhumi, dan Bapak Yuki Agriardi) pada tanggal 28-29 Maret 2018.

Dok Universitas Institute Bandung
Kedua praacara ini terbuka untuk umum dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Bandung. Workshop 2 ini menghasilkan konsep perancangan dan maket studi yang kemudian menjadi pameran inti di Ruang Luang 2018.

Selain pameran inti dan instalasi seni di BCH, terdapat subacara talkshow yang memprediksi pengaruh isu global di masa depan dan pengaruhnya terhadap desain interior dan manusia oleh Kepala BPIW Kementerian PUPR, Rido Matari Ichwan dan design trend forecaster dari BD+A Design, Tri Anugrah.

Dok Universitas Institute Bandung

Subacara lainnya adalah stand produk dan karya seni sebagai sarana berjualan serta acara puncak berupa panggung musik di ruang auditorium BCH sekaligus perayaan ulang tahun IMDI ITB yang ke-30 yang dimeriahkan oleh TIGAPAGI, Paraudara, Tomy Herseta, Henry Refanto, Zirro, dan penampilan spesial dari performers Ruang Luang.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest