Follow Us

Cek Dulu Yuk 6 Hal Penting Ini Sebelum Membangun Carport!

Pipit - Minggu, 29 April 2018 | 11:00
4 Tips Buat Carport Cantik dan Fungsional
Agustina Sapitri

4 Tips Buat Carport Cantik dan Fungsional

Editor Maulina Kadiranti

iDEAonlineKuat iya, cantik iya. Secara umum, dua hal inilah yang harus dimiliki oleh carport. Secara fungsi harus cukup kuat menjadi pelindung kendaraan. Secara estetika harus terlihat indah karena menjadi bagian fasad rumah. Berikut 6 faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam mendesain carport.

1. Posisi

dok. homedesignideasplans.com
Jika lahan masih memungkinkan, hindari letak carport berada persis di depan pintu utama rumah.

2. Besar atau Luasnya

(Foto: dok. iDEA Online)
Selain itu juga mempertimbangkan kecukupan area carport saat mobil berada di dalamnya, tidak boleh menghalangi atau menyusahkan gerak penghuni rumah berlalu-lalang di area ini. Tentang ukuran ideal carport, dapat Anda temukan pada artikel lain di edisi ini, tentang ergonomis carport.

3. Pembuangan Air

Saat mencuci mobil air sisa cucian harus dapat terbuang dengan baik ke got atau saluran air karena air yang menggenang di lantai carport akan merusak lantai dan fondasinya. Idealnya, sistem aliran air pada carport direncakan sejak awal mendesain.

4. Desain

(Foto: dok. iDEA Online)
Kesesuaian gaya antara carport dan bangunan rumah sangat menentukan kecantikan hunian. Harus dijaga pula, agar apapun desain yang diusung, keseimbangan tampilan harus dijaga, jangan sampai keberadaan carport menutupi bangunan rumah atau saling bersaing berebut perhatian.

5. Anggaran

Untuk menghemat biaya, bisa memilih material yang ekonomis dan menerapkan struktur yang sederhana. Namun, jangan berkompromi dengan harga untuk kekuatan rangka dan penyangga. taati ketentuan umum agar carport aman dan kuat.

6. Atap & Fondasi

(Foto: dok. iDEA Online)
Pilih dengan memerhatikan penggunaan carport nantinya, dan kondiasi iklim lingkungan setempat. Frekuensi hujan, angin, dan tingkat panas matahari bisa menjadi ukuran pemilihannya.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest