Follow Us

Ini dia 5 Tahap Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Meningkat Rumah

Pipit - Minggu, 06 Mei 2018 | 07:00
dok. whomestudio.com
Agustina Sapitri

dok. whomestudio.com

Penulis Selvia Martiani, Nia Irawan

iDEAonlinePerencanaan yang matang menjadi kunci utama dalam meningkat rumah. Karena meningkat tanpa rencana akan menimbulkan pemborosan dan menimbulkan masalah saat proses membangun di kemudian hari. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda persiapkan saat akan membangun rumah tumbuh.

Ketika membangun rumah tumbuh ada baiknya memperhatikan hal-hal di bawah ini.

1. Konsep dan Desain yang Matang

Matangkan konsep dan desain (dok. trendir.com)
Grand design dan konsep yang matang sangat berperan penting ketika membangun rumah tumbuh, sehingga penambahan ruangan dan struktur bangunan disesuaikan pada konsep yang sudah ada. Hal ini bertujuan untuk menghindari tambal sulam stuktur bangunan dan ME, serta bongkaran dinding yang akan membengkakkan biaya pembangunan.

Ada baiknya sebelum dibangun pemilik (dibantu arsitek) sudah menentukan rancangan bangunannya, termasuk ruang-ruang apa saja yang dibutuhkan. Merencanakan konsep dan desain mencakup, tata ruang dan tampilan akhir bangunan yang diinginkan, material yang digunakan, tahapan membangun, dan perkiraan biaya.

2. Cek & Ricek Struktur Bangunan Inti

Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi penambahan ruang, sehingga tidak harus membongkar bagian rumah lama. Selain itu, untuk pola vertikal, perlu dilakukan pengecekan tempat untuk meletakkan kolom-kolom secara efektif sehingga dapat menentukan jumlah kolom yang perlu ditambahkan untuk mendukung seluruh beban lantai dan bangunan baru di atasnya.

3. Waspada Terhadap Perkembangan Harga Material

Perhatikan harga material (dok. zijianfang.cn)
Faktor ini akan berpengaruh pada budget yang akan dikeluarkan kelak. Selalu waspada akan keinakan harga tersebut karena akan membantu menekan biaya pembangunan rumah tumbuh. Harga material sangat berpengaruh pada bujet yang akan dikeluarkan.

4. Tentukan Jenis Konstruksi dan Material

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya pembongkaran dan pembuatan konstruksi baru, maka cek struktur bangunan. Misalnya, konstruksi rumah yang awalnya tidak dibuat untuk bangunan 2 lantai, terpaksa membuat struktur dan konstruksi layaknya rumah baru.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

Latest