Follow Us

Kedinginan di musim kemarau? Coba Cara Ini Biar Jadi Lebih Hangat!

Rebi - Senin, 09 Juli 2018 | 05:22
Suhu Lebih Dingin Belakangan Ini
http://3.bp.blogspot.com/-l7HvPP8qJLs/VoP2QRBdQwI/AAAAAAAAA1I/T97AgufJ1dg/s1600/dingin1.jpg

Suhu Lebih Dingin Belakangan Ini

iDEAonline- Kamu merasakan suhu lebih dingin akhir-akhir ini? Ternyata kondisi tersebut dirasakan di berbagai daerah di Indonesia. Sebabnya adalah puncak musim kemarau yang yang terjadi pada Juli hingga Agustus. Dilansir dari kompas.com, BMKG melalui Deputi Bidang Klimatologi Mulyono Rahardi menjelaskan bahwa ketika musim kemarau, suhu siang hari terasa lebih tinggi tapi ketika malam hari suhu menjadi lebih dingin karena bumi lebih cepat melepaskan panas yang diterima ketika siang hari. Itulah sebabnya suhu ketika malam dan pagi menjadi lebih dingin dibandingkan

Kalau kamu merasakan kedinginan padahal sudah berada di dalam ruangan karena perubahan suhu tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara ini untuk membuat rumahmu menjadi lebih hangat terutama ketika pagi dan malam hari. Yuk simak ulasan berikut untuk tahu cara apa saja yang bisa dilakukan!

  1. Maksimalkan Keberadaan Jendela
Penggunaan Jendela
http://sovets.net/photos/uploads/146/9229382-uyulu.jpg

Penggunaan Jendela

Keberadaan jendela terutama jendela yang besar dan tinggi akan memberikan keleluasaan bagi sinar matahari untuk memasuki rumah. Menurut Wijoyo Hendromartono dalam buku Menghadrikan Nuansa Alam di Rumah, sinar matahari yang masuk melalui jendela dapat diserap dan disimpan oleh dinding dan atas bangunan sehingga membuat rumah menjadi hangat pada malam hari.

  1. Gunakan Cat Warna Hangat
Cat Warna Merah di Kamar
http://modernfloorlamps.net/wp-content/uploads/2017/07/Mood-Board-Why-Flame-Scarlet-is-the-Best-Pantone-Color-for-2018-9.jpg

Cat Warna Merah di Kamar

Untuk memberikan kesan hangat, kamu bisa mengecat dinding dengan warna-warna seperti merah dan kuning. Menurut Imelda Akmal Architecture dalam Seri Rumah Ide, warna merah dan kuning dapat memberikan kesan hangat dalam ruangan. Selain warna cat, untuk memberikan kesan hangat juga bisa dengan pemilihan warna krem lembut yang berkombisani warna cokelat muda untuk furniture.

  1. Perhatikan Permukaan Lantai
Lantai Kayu
https://img.scoop.it/4RtMiZmUmDSICQI7WHFsVzl72eJkfbmt4t8yenImKBVvK0kTmF0xjctABnaLJIm9

Lantai Kayu

Permukaan lantai merupakan hal yang juga perlu diperhatikan untuk memberikan kesan hangat ketika suhu dingin. Menurut Agah Nugraha dalam Ragam inspirasi Partisi, kamu bisa menggunakaan material kayu untuk lantai agar memberi kesan hangat dalam ruangan. Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan penggunaan karpet sebagai material penutup lantai yang memberi kesan hangat dan nyaman.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest