Follow Us

Tips yang Perlu Dilakukan Sebelum Memilih Warna Pintu Depan Rumah

Rebi - Selasa, 17 Juli 2018 | 14:00
Memilih Warna untuk Pintu Rumah
https://i.ytimg.com/vi/s6VQWvQQJpY/maxresdefault.jpg

Memilih Warna untuk Pintu Rumah

iDEAonline- Warna kayu biasanya jadi andalan untuk warna pintu depan rumah. Tapi, jika semua warna pintu depan rumah berwarna kayu, tentu membosankan juga. iDEALovers bisa mencoba warna lain pada pintu untuk memberikan suasana baru pada eksterior rumah, selain itu juga bisa memberikan kejutan bagi tamu yang berkunjung. Apalagi, pintu masuk merupakan salah satu hal yang pertama kali dilihat.

Nah, sebelum memilih warna untuk pintu depan rumah, dikutip dari Kompas.com, ada beberapa tips yang perlu iDEALovers lakukan. Apa saja itu? Simak ulasan berikut yuk!

  1. Ketahui Sedikit Pengetahuan tentang Warna
Color Wheel Komplementer
http://www.fashionstylemag.com/wp-content/uploads/2018/01/Color-Wheel1.png

Color Wheel Komplementer

Agar warna yang dipilih tidak terkesan norak, iDEALovers bisa menggunakan alat bantu bernama color wheel atau roda warna.

Ada enam teori yang digunakan, yakni monokromatik, analog, komplementer, paduan tiga warna, kompleks, dan komplementer terpecah tunggal.

Di dalam roda warna teori komplementer, terdapat 12 warna. Pada teori ini, iDEALovers cukup memilih paduan warna yang berseberangan dengan warna yang diinginkan.

Pada teori Analog, kombinasi warna yang digunakan adalah tiga warna yang letaknya berdekatan. Sedangkan warna monokromatik hanya menggunakan warna dasar, dengan warna variasi atau turunannya. Misal warna hijau, padukan dengan warna hijau daun, lime green, dan yang lainnya.

  1. Pertimbangkan Tampilan Sekitar
Sesuaikan Warna dengan Tampilan Sekitar
Decor6.com

Sesuaikan Warna dengan Tampilan Sekitar

Gaya dan desain rumah merupakan hal yang harus diperhatikan dalam memilih warna pintu. Jika rumah iDEALovers memiliki tema Mediterania, maka warna yang sesuai adalah warna turquoise atau biru telur asin.

Sama halnya jika tembok eksterior rumah menggunakan aksen bata merah, maka warna pintu juga harus menyesuaikan.

  1. Uji Coba Warna Pada Intensitas Cahaya yang Berbeda
Uji Coba Pada intensitas Cahaya Berbeda
hearstapps.com

Uji Coba Pada intensitas Cahaya Berbeda

Warna pintu rumah bisa diuji coba pada intensitas cahaya yang berbeda-beda, apakah warna tersebut akan terlihat cerah, kuat, atau malah terlihat gelap dan suram.

Hal ini diperlukan karena warna untuk eksterior rumah akan terlihat memudar ketika sudah diaplikasikan pada bangunan. Warna kuning cerah misalnya, bisa terlihat lebih pucat ketika diaplikasikan pada eksterior.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest