Follow Us

Terakota, Pelapis Berbahan Tanah Liat, Alternatif Pengganti Keramik

Stefani Arin - Kamis, 09 Agustus 2018 | 08:00
terakota
dok. images.adsttc.com

terakota

IDEAOnline - Terakota, bukan material baru. Material ini terbuat dari tanah liat yang dicetak dan dibakar dalam suhu tertentu. Setelah bahan dibentuk dan ditekan dengan tekanan tinggi, terakota dikeringkan/dijemur selama 2-3 minggu. Tujuannya, material kering lebih merata.

Setelah kering, terakota dibakar selama 18 jam di suhu 800 °C. Pelapis lantai atau dinding rumah itu bukan hanya kuat, namun andal meredam panas.

terakota
dok. cooliyo.com

terakota

Baca juga :

Ini Dia Fakta Menarik Old Trafford, Markasnya Tim MU yang Baru Kalahkan Madrid

Kelebihan lain adalah suhu terakota lebih stabil jika dibandingkan dengan keramik. Lantai keramik cepat dingin saat udara di sekitarnya turun.

Berbeda dengan terakota yang suhunya relatif sama walaupun suhu sekitarnya berubah. Pelapis berbahan tanah liat ini mempunyai beragam bentuk menarik. Cocok untuk dinding dan lantai.

terakota
dok. beautifauxcreations.com

terakota

Baca juga :

Dinilai Cocok Sebagai Cawapres Jokowi, Intip Hunian Modern Mahfud MD

Terakota terbuat dari tanah liat sehingga relatif mudah dibentuk. Selain untuk dinding dan lantai, terakota juga cocok jadi lubang ventilasi.

Cara pasang terakota pada dinding tidak jauh berbeda dengan pemasangan batu alam atau keramik. IDEA Lovers dapat menggunakan adukan semen dan pasir sebagai perekat.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest