Follow Us

Membanggakan! Ternyata Rumah di Tebet ini Pernah Meraih Penghargaan Arsitektur Internasional!

Agnes - Selasa, 07 Agustus 2018 | 14:00
Splow House Tebet
architizer

Splow House Tebet

iDEAonline - Tahukah kamu IDEA Lovers, bahwa sebuah rumah yang berada di bilangan Tebet, Jakarta Selatan pernah meraih penghargaan International Architizer A+ Award pada 2017 lewat karyanya yaitu Splow House.

Splow House yang merupakan singkatan dari Split-Grow House ini merupakan rumah yang disesuaikan dengan kondisi Jakarta, khususnya daerah Tebet yang memiliki lahan sangat terbatas.

Rumah ini merupakan karya dari Delution Arsitek dan menjadi tantangan tersendiri bagi para arsiteknya untuk membangun dan mendesain rumah yang nyaman dihuni dengan luas 120 meter dan dana yang terbatas.

Baca juga: Kreasi Kain Perca pada Gorden Percantik Ruangan di Rumah

Splow House Tebet
architizer

Splow House Tebet

Berdiri di atas lahan dengan ukuran 6 meter x 15 meter, mereka juga menantang diri untuk membuat rumah dengan sirkulasi udara dan cahaya matahari yang baik, namun tetap dengan biaya yang rendah.

Jika dilihat dari luar, rumah ini memang terlihat sempit. Namun luas pada bagian dalamnya. Konsep split digunakanpada rumah ini.

Split merupakan konsep pembagian lantai yang tiap lantainya dihitung sebagai setengah lantai atau mezanin. Jadi rumah ini memang memiliki dua lantai tetapi sebenarnya tiga tingkat di dalamnya.

Splow House Tebet
FernandoGomulya

Splow House Tebet

Konsep mezanin pada rumah ini menjadikan rumah yang sebenarnya memiliki tiga tingkat ini menjadi praktis memiliki lima lantai. Setiap lantainya terhubung dengan tangga. Pada bagian voidnya di tengah rumah digunakan sebagai sirkulasi udara dan pencahayan alami.

Splow House Tebet
FernandoGomulya

Splow House Tebet

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest