Follow Us

Bar Cantik di Jepang Ini Tercipta dari 100 Persen Sampah Daur Ulang

Pipit - Senin, 24 September 2018 | 16:00
Kamikatz Publiz House
dok. inhabitat.com

Kamikatz Publiz House

IDEAonline – Semakin gencarnya konsep hidup ramah lingkungan, membuat sebuah kota kecil di Jepang turut membangun sebuah bangunan bebas emisi dengan 100% terbuat dari bahan daur ulang.

Inilah yang terjadi di Kota Kamikatsu, sebuah kota kecil di Jepang.

Kamikatz Publiz House, itulah bangunan yang didirikan sebagai simbol kota bebas sampah.

Pasalnya, Pembangunan dengan material bekas ini sangat sejalan dengan visi kota tersebut dimana mereka menciptakan bangunan yang merupakan hasil daur ulang 100% limbah dari kota tersebut.

Kamikatz Publiz House
dok. inhabitat.com

Kamikatz Publiz House

Dibantu oleh arsitek Hiroshi Nakamura dan NAP, struktur bangunan yang sadar ekologi ini dibangun dengan cara yang kreatif dan inspiratif.

Baca Juga : Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Lima Fakta Patung GWK di Bali

Terlihat dari desain Kamikazt Public House yang memanfaatkan jendela tak terpakai yang dikumpulkan dari rumah-rumah warga sebagai detail eksterior yang unik.

Meskipun dari material bekas yang campur aduk, jendela setinggi 8 meter ini tampil sangat eye-catching. Hadirnya jendela dan bukaan lainnya juga membawa angin sejuk kala musim panas tiba.

Penerapan daur ulang yang dilakukan secara kreatif juga tampak dari lantainya, botol lampu, dan koran bekas yang dijadikan dekorasi di dalam ruangan. Untuk fasadnya, bangunan ini dibalut kayu cedar yang diwarnai dengan cat warna tanin alami.

Kamikatz Publiz House
dok. inhabitat.com

Kamikatz Publiz House

Keunikan dari bangunan yang terdiri dari bar, tempat pembuatan bir, dan ruang sebagai tempat tinggal ini, membuatnya berhasil meraih penghargaan WAN Sustainable Building Awards 2016, sebagai bangunan bebas emisi.

"Kamikatz Publiz House menjadi contoh aristektur dengan ide penggunaan bahan daur ulang yang sangat kuat. Apalagi, adanya keterlibatan langsung dari masyarakat kotanya, " ucap juri yang berstatus Managing Director di EPR Architects Chris Castle.(*)

Editor : Pipit

Baca Lainnya

Latest