Tak Membentang Tinggi, Hotel Cincin Ini Ternyata Mampu Hasilkan Energi Sendiri

Jumat, 30 November 2018 | 17:20
Dezeen

Svart Hotel

IDEAonline -Snøhetta mengungkapkan rencana pembangunan hotel berbentuk cincin yang akan terletak di dasar gunung Almlifjellet Norwegia, dalam Artic Circle.

Perusahaan arsitektur tersebut mengklaim Svart Hotel, yang diambil namanya dari gletser Svartisen di dekatnya, akan menjadi energi positif.

Dalam hal ini, hotel tersebut akan menghasilkan lebih banyak energi daripada yang dikonsumsi.

Baca Juga : Menurut Penelitian, Tanaman Ini Terbukti Ampuh Atasi Penyakit Mematikan, Jantung Salah Satunya!

Dengan tingkat konsumsi 85 persen lebih rendah daripada hotel kontemporer, panel surya pada bangunan ini akan menghasilkan energi mandiri.

Bekerja dengan beberapa perusahaan Norwegia lainnya, Snøhetta memulai proses desain melalui penelitian secara ekstensif bagaimana hotel dapat menggunakan energi terbarukan, yang berdampak minimal terhadap lingkungan pegunungan.

"Membangun di lingkungan yang sangat berharga ini harus diikuti dengan kewajiban dalam hal melestarikan keindahan alam dan fauna dan flora situs," kata pendiri Snøhetta, Kjetil Trædal Thorsen.

Baca Juga : Dinanti Selama 12 Tahun Kini Dikaruniai Anak Pertama, Siti Nurhalizah Pamerkan Rumahnya yang Mirip Istana Sultan

Dengan memetakan pergerakan sinar matahari, para arsitek memutuskan bahwa struktur melingkar yang di atasnya bersama panel surya akan memberikan tingkat cahaya yang optimal sepanjang hari dan pada musim yang berbeda.

Teras tersembunyi terintegrasi di sepanjang fasad hotel yang menaungi ruangan selama musim panas, menggantikan kehadiran sistem pendingin buatan.

Di dekat jendela besar, kamar-kamar juga dapat memanfaatkan energi panas matahari selama musim dingin.

Dezeen

Svart Hotel

Baca Juga : Pernah Sakit Hati karena Direbut Pelakor, Kini Tata Janeta Rujuk Kembali dengan Suami, Intip Hunian Miliknya di Sini

Bagian utama hotel ini diikat oleh serangkaian tiang kayu berbentuk V yang membentang dengan panorama Holandsfjorden di sekitarnya.

Sebuah trotoar dibuat tepat di bawah hotel, dan pengunjung dapat berjalan-jalan saat musim hangat.

Sedangkan pada musim dingin, trotoar ini berfungsi sebagai tempat untuk menggelar perahu atau kayak, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk mendirikan fasilitas penyimpanan tambahan yang dapat berdampak pada lanskap.

Baca Juga : Walau Terbuat dari Kertas, Kursi Lipat Seharga 12 Juta Ini Ternyata Mampu Menampung Hingga Belasan Orang!

The Svart Hotel dirancang bersama perusahaan pariwisata Arctic Adventure of Norway, konsultan teknik dan arsitektur Asplan Vaak, dan kelompok konstruksi Skanska.

Bersama dengan Snøhetta mereka membentuk kelompok kolaboratif bernama Powerhouse, yang membangun gedung-gedung penghasil energi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Hotel "Cincin" di Norwegia Mampu Hasilkan Energi Mandiri

Editor : Amel

Baca Lainnya