Jelang Pergantian Tahun, Yuk Buat 5 Resolusi Tahun Baru untuk Rumahmu!

Kamis, 13 Desember 2018 | 12:40
Be Yourself

resolusi tahun baru

IDEAonline -Mendekati penghujung tahun, sebagian besar orang mulai bersiap-siap membuat daftar resolusi dan merencanakan permulaan yang baru.

IDEA Lovers juga pasti sudah mempersiapkan daftar resolusi untuk menyambut tahun 2019.

Nah, ternyata daftar resolusi tidak melulu berkaitan dengan karir atau persoalan lainnya.

IDEA Lovers pun bisa membuat resolusi untuk rumah, terutama agar menjadikan rumah lebih indah, efisien, bersih dan hijau di tahun mendatang.

Bagaiamanpun rumah adalah tempat yang penting, tidak hanya untuk beristirahat, tapi juga menghabiskan waktu dan bersantai setelah bekerja seharian.

Baca Juga : Ide Dekorasi Tahun Baru di Teras, Pakai 5 Benda Ini agar Kumpul Keluarga Jadi Nyaman

Berikut 5 resolusi untuk rumahmu di tahun yang baru dan bagaimana cara mencapainya.

Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Rampingkan barang-barang

manner.biz

Menata dan Merapikan Rumah

Salah satu cara terbaik dan paling murah untuk merasarumah miliki tampilan lebih baikadalah membersihkannya dari kekacauan.

Setiap tahun sebagian besar dari kita memperoleh banyak barang.

Tanpa perlu dibersihkan secara rutin, lemari dan laci akan penuh sesak dan akan sulit untuk menemukan hal-hal yang akan digunakan dan dinikmati.

Di tahun yang baru,putuskan untuk pergi dari ruangan ke ruangan secara berkala membersihkan apapun yang tidak digunakan.

Baca Juga : 4 Ide Menata Dekosi Balkon Jadi Ruang Santai, Pas Lihat Kembang Api di Tahun Baru

Setelah itu, pikirkan dua kali tentang apa yang akan IDEA Lovers bawa.

Kata Antoinette Nue, konsultan Atlanta yang berspesialisasi dalam membantu orang menyederhanakan dan menjadi hijau, sebaiknya isi rumah dengan hal-hal yang dapat meningkatkan tingkat energi dan membuatpenghuninya merasa baik.

Singkirkan hal-hal yang menguras energi atau bahkan merusak energi.

2. Jadikan rumah aman dan sehat

Stamford Fire Department

detektor api

RumahIDEA Lovers mungkin indah, tetapi apakah itu aman?

Ada beberapa hal yang setiap pemilik rumah harus lakukan untuk memastikan bahwa mereka tidak hidup dengan potensi bahaya kesehatan atau risiko kebakaran.

Pertama, periksa rumahdari radon.

Gas tidak berwarna dan tidak berbau ini menyebabkan sekitar 21.000 kematian akibat kanker paru setiap tahun dari partikel radioaktif yang terperangkap di paru-paru saat bernapas, menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS.

Baca Juga : Tahun Baru Tiba! Yuk Bersihkan Sofa di Ruang Tamu Sesuai Jenisnya

Sementara kita berada dalam masalah gas mematikan, pastikan IDEA Lovers memasang detektor karbon monoksida di setiap kamar tidur selain detektor api.

Hati-hati dengan pengering rambut. Kebanyakan orang lalai membersihkan ventilasi dan saluran di belakang pengering. Ini membuatnya sangat mudah terbakar.

3. Donasikan apa yang tidak terpakai

Service Market

Donasi barang

Setelah sebelumnya IDEA Lovers melakukan pembersihan di rumah, IDEA Lovers pasti akan menemukan mana barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi.

Pisahkan barang-barang tersebut dan beri tanda atau label.

Pertimbangkan untuk mendonasikan barang-barang yang sudah tidak dipakai, apalagi jika jumlahnya begitu besar dan membuat rumah menjadi sempit.

Baca Juga : Masuk Tahun Baru, Saatnya Mengintip 4 Inspirasi Desain Tampilan Rumah Anyar

Tidak ada salahnya menyumbang barang-barang yang sudah tidak terpakai, apalagi kalau ternyata di luar sana banyak orang yang membutuhkan.

4. Kurangi pengeluaran di rumah

FeedZig

Hemat energi dengan penggunaan lampu

Ketika orang berpikir untukmenciptakan rumah yanghijau atau ramah lingkungan, mereka sering berpikir itu membutuhkan panel surya atau mobil hibrida untuk membuat perbedaan.

Padahal tidak harus melulu demikian, tempat terbaik untuk memulai adalah dengan memotong penggunaan energidi rumah.

Lakukan hal-hal sederhana seperti mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan, memasang lampu LED hemat energi, mematikan AC ketika meninggalkan rumah dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi pengeluaran di rumah.

5. Bawa bunga segar ke dalam rumah

vas bunga

Ini mungkin terdengar seperti hal kecil, tetapiIDEA Lovers akan terkejut dengan dampak yang dapat diberikan oleh berbagai bunga segar di setiap ruangan di rumah.

Dibandingkan dengan beberapa opsi lain, motif bunga adalah salah satu makeover paling murah yang dapat dibawa ke suatu ruang.

Baca Juga : Tahun Baru Bisnis Baru, Ini Jenis Usaha yang Bisa Dilakukan di Rumah

Menemukan warna, ketinggian dan pengaturan yang tepat benar-benar dapat melengkapi dekorasi yang ada di kamar.

Dan tanaman yang tepat dapat melakukan apa pun dari membersihkan udara hingga menyediakan aromaterapi di rumah untuk mengangkat suasana hati atau membantu IDEA Lovers bersantai.

Jadi, apakah sudah siap menyambut tahun baru? (*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya