Livingboard, Sistem Perumahan yang Bisa Dirancang Sendiri Pemiliknya

Rabu, 02 Januari 2019 | 21:00
dezeen

Livingboard

IDEAonline -Arsitek Carlo Ratti bekerja dengan WeRise nirlaba India untuk mengembangkan sistem perumahan murah dengan inti prefabrikasi sehingga pemilik rumah dapat membangun struktur apa pun yang mereka sukai.

Sistem Livingboard, yang saat ini sedang dicoba dalam proyek percontohan di sebuah desa di luar Bangalore, dirancang untuk mendukung pengembangan perumahan di daerah pedesaan di mana saja di dunia.

Ini menggabungkan elemen perumahan prefabrikasi dengan pendekatan do-it-yourself dari gerakan open-source dan pembuat.

Pemilik rumah menerima bagian fungsional utama rumah prefabrikasi dan dikemas rata dan kemudian merancang dan membangun rumah yang mereka inginkan di atas itu.

Baca Juga : Serasikan Penghuni dan Alam, Intip Nyamannya Mango House di India

Ratti, yang juga memimpin Carlo Ratti Associati, adalah direktur Senseable City Lab di Massachusetts Institute of Technology (MIT), menyamakan Livingboard dengan "motherboard" portabel.

Inti prefabrikasi ini dapat disesuaikan dengan lingkungan setempat.

Untuk proyek percontohan saat ini di desa Udagirinallappanahalli, Carlo Ratti Associati dan WeRise akan bertukar modul pengumpulan air hujan demi penyaringan air abu-abu untuk keperluan irigasi.

Wilayah Karnataka di mana desa berada menerima sedikit curah hujan, dan konfigurasi ini akan meminimalkan konsumsi air secara keseluruhan.

dezeen

Livingboard

Baca Juga : The Ecological Living Module, Atasi Masalah Perumahan dari Sisi Sosial dan Lingkungan

Jika mereka harus mengadaptasi sistem untuk suatu tempat seperti daerah Himalaya barat dan tengah, di mana aktivitas gempa tinggi, mereka membayangkan memilih modul isolasi seismik.

dezeen

Livingboard

Untuk memberdayakan masyarakat setempat mengambil sendiri tahap selanjutnya dari proses desain dan pembangunan, WeRise akan menyelenggarakan lokakarya, dengan arsitek sukarelawan dari RMZ Foundation yang ditugaskan untuk mengawasi setiap rumah.

Saat ini sedang menyelenggarakan lokakarya pertamanya sebagai bagian dari proyek percontohan.

Baca Juga : 13 Bangunan Berdesain Unik yang Dinanti Peresmiannya di Tahun 2019

Keluarga yang akan tinggal di rumah akan menentukan tata letak yang cocok untuk mereka.

Kemungkinan Livingboard disesuaikan dengan norma-norma arsitektur lokal.

Di Udagirinallappanahalli rumah-rumah sering ditata sesuai dengan prinsip-prinsip Vastu, yang bertujuan untukmembuat keseimbangan antara manusia dan alam dengan membimbing orientasi dan penempatan berbagai elemen. (*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya