Vas Keramik Unik, Dibuat Pakai Teknik Pembuatan Kue Tradisional

Kamis, 03 Januari 2019 | 19:40
dezeen

Ornament Now: Vas Kue

IDEAonline -Lulusan Design Academy Eindhoven Erika Emeren mengubah teknik pembuatan kue tradisional menjadi metode untuk membentuk vas keramik yang unik.

Ornament Now: Vas Kue dibuat dengan mengoleskan slip tanah liat ke silinder papier-mâché yang berputar menggunakan kantong pipa, mirip dengan yang digunakan dalam pembuatan kue dan dekorasi kue.

Setiap vas kemudian diglasir untuk menghasilkan sentuhan akhir yang mengkilap dan berwarna cerah.

Metode produksi didasarkan pada tradisi pembuatan Spettekaka, yang diterjemahkan sebagai ludah, kue tradisional dari tanah air Emeren di Swedia.

dezeen

Ornament Now: Vas Kue

Baca Juga : Nampan Keramik Ini Tampilkan Dewa dan SImbol Keberuntungan untuk Usir Roh Jahat

Kue dibuat dengan memanggang adonan di sekitar paku yang digunakan untuk berputar.

Teknik serupa juga dapat ditemukan pada kue tradisional di negara-negara Eropa lainnya seperti Prancis dan Polandia.

"Saya tumbuh di pedesaan di mana budaya rakyat memainkan peran besar, tetapi sebagai seorang desainer saya merasakan kurangnya pengaruh kontemporer," kata Emeren kepada Dezeen.

dezeen

Ornament Now: Vas Kue

"Saat meneliti seni rakyat hari ini, saya menemukan minat pada gerakan DIY, kerajinan rumah tangga, dan pembakaran sebagai tanggapan modern terhadap seni rakyat bersejarah. Baik dalam seni DIY maupun seni rakyat, dekorasi sangat penting, baik secara simbolis tetapi juga sebagai cara untuk membuat hal-hal indah," lanjutnya.

dezeen

Ornament Now: Vas Kue

Baca Juga : Perhatikan Ide Renovasi Ini, 5 Tips Sebelum Pasang Keramik Kamar Mandi

Emeren mengembangkan teknik dengan bantuan dari teknisi di European Ceramic Workcentre di Oisterwijk sambil belajar tentang master desain kontekstual di Design Academy Eindhoven.

dezeen

Ornament Now: Vas Kue

Emren sendiri ingin menunjukkankualitas dekoratif dari benda-benda itu yang diciptakannya, daripada mendesain benda-benda fungsional.

"Saya menghabiskan waktu berjam-jam menonton video kue di Instagram," katanya kepada Dezeen.

"Ada anggapan bahwa seni rakyat seharusnya bersifat regional, tetapi dalam dunia makanan, kita dapat melihat bagaimana seni itu sering berfungsi sebagai pertukaran budaya," jelas Emeren.

dezeen

Ornament Now: Vas Kue

Baca Juga : Mulai Rp 50 Ribuan, Renovasi Backsplash Dapur dengan Keramik Tegel

"Dalam pekerjaan saya, saya berharap dapat berkontribusimelaluiobjek yang melampaui batas nasional. Kue itu menyenangkan dan gembira, itulah yang ingin saya bagikan," tutup Emeren.

Ornament Now: Cake Vases sendiri merupakan proyek kelulusan Emeren dan dipamerkan selama Dutch Design Week di Eindhoven. (*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya