Hoki Temukan Benda Ini di Loteng Rumah, Gara-gara Ini Harganya Sampai Rp 2,4 Triliun!

Rabu, 09 Januari 2019 | 18:50
Tribun Travel

Ilustrasi Loteng Rumah

IDEAonline -Berungtung benar nasib pria 55 asal Skotlandia ini.

Dominic Currie menemukan lukisan Picasso senilai Rp2,4 triliun di loteng rumahnya, di dekat Kirkcaldy, Fife, Skotlandia.

Mr. Currie adalah anak anak dari cinta jarak jauh antara seorang tentara Rusia (waktu itu masih Uni Soviet) dan perempuan Skotlandia selama perang dingin.

Baca Juga : Tarzan Srimulat Miliki Latar Belakang Militer, Ternyata Isi Lemarinya Bikin Syok, Tarzan: Maaf Ini Rahasia

Currie percaya, lukisan itu diberikan oleh sang ayah kepada ibunya Annette, yang saat itu masih berusia 19 tahun, saat berlibut ke Polandia.

Lukisan itu ditemukannya bersama anak laki-lakinya saat membersihkan loteng rumahnya.

Kabarnya, Currie dalam waktu dekat akan melelang lukisan itu rumah lelang Christie seharga 115 juta poundsterling atau setara dengan Rp2,4 triliun.

Baca Juga : Mischa Chandrawinata Kesal Dibilang Orang Ketiga atas Cerainya Gisella Anastasia, Huniannya Sebelum Bercerai Jadi Sorotan

Ayah Currie adalah seorang tentara Rusia bernama Nicolai Vladimirovich.

Pasangan itu, Nicolai dan Annette, tahu bahwa mereka tidak akan bisa bersatu (mengingat situasi di Perang Dingin waktu itu).

Oleh sebab itu, Nicolai memberi lukisan itu kepada Annette untuk dijual suatu saat nanti sebagai bekal hidup dia dan anaknya.

Baca Juga : Sempat Menduda dan Diisukan Selingkuh, Begini Tanggapan Ustadz Solmed yang Buat Hunian Seharga Rp 24 Miliar Tersorot Media

Tapi tampaknya Annette muda tidak dapat berpisah dari lukisan itu.

Alih-alih menjualnya, ia justru menyimpannya di dalam koper dan bertahan hingga hampir setengah abad kemudian.

“Aku melihat sebuah gulungan kain dan berpikir itu adalah lukisan, dan benar itu adalah gulungan kanvas.

Saya dan anak saya perlahan-lahan membukanya, sejurus kemudian kami melihat ada gambar kubus dan kotak-kotak dan saya berpikir, ‘Apa-apaan ini?’.

Baca Juga : Tak Sembarang Bioskop, Bathtub Cinema Berikan Fasilitas Menonton Sambil Berendam di Bak Mandi!

Kami tergoda untuk segera membukanya karena lukisan itu telah meringkuk selama puluhan tahun,” ujar Currie.

Currie semakin takjub ketika tahu ada tanda tangan Picasso di sudut kanan bawah kanvas.

“Saya pikir, ‘tidak, ini tidak bisa.’ Maka kami saling berpandangan dan tertawa terbahak-bahak. Kami kemudian melihatnya lebih serius dan dan benar-benar tercengang. Itu benar-benar nyata.”

Baca Juga : Sering Dibilang Dai Matre, Ustadz Solmed: Saya Tidak Pernah Minta Bayaran, Villa Mewah Miliknya Ikut Jadi Perbincangan

Currie mulai mengetahui identitas ayah kandungnya pada 1998—dua tahun sebelum ibunya meninggal.

Setelah kelahirannya Currie, Annette dan Nicolai saling berkirim surat secara rutin dan sesekali bertemu ketika tengah berada di luar Tirai Besi.

“Saya pikir, ibu saya tidak tahu seni. Dia tidak pernah belajar seni, sejauh yang saya tahu. Nama Picasso mungkin tidak pernah ada di dalam daftarnya. Mungkin orang Rusia itu (ayahnya) pernah memberitahunya,” tambah Currie.

Baca Juga : Sering Dibilang Dai Matre, Ustadz Solmed: Saya Tidak Pernah Minta Bayaran, Villa Mewah Miliknya Ikut Jadi Perbincangan

Hubungan jarak jauh itu akhirnya perlahan kandas sejak awal 1960-an, ketika Annette bertemu dan kemudian menikah dengan pria lain.

Terlepas dari itu semua, Currie menghormati keputusan ayahnya.

Baca Juga : Pria Ini Rela Tinggal di Loteng Rumah Mantan Pacar Selama Satu Bulan, Ini Dia Hal Mengejutkan Yang Dilakukannya!

“Jika lukisan ini adalah asli, ayah saya jelas ingin menjaga saya dan ibu saya. Dan untuk itu saya ingin menjabat tangannya dan bertemu dengannya.”

Artikel ini pernah tayang di Intisari dengan judul Dominic Currie Menemukan Lukisan Picasso Senilai Rp2,4 Triliun di Loteng Rumahnya

Editor : Amel

Baca Lainnya