OGRA 2019, Kompetisi Desain Atap Bertema Tropical Green Roof System

Kamis, 24 Januari 2019 | 18:40
Fata

Konferensi pers OGRA 2019

IDEAonline - Kompetisi desain atap rumah kembali digelar oleh PT Onduline Indonesia.
Acara bernama Onduline Green Roof Award (OGRA) 2019 ini mengusung tema "Tropical Green Roof System" atau desain sistem atap hijau tropis untuk bangunan di Indonesia.
Melalui tema tersebut, para peserta diharapkan dapat mengeluarkan gagasannya sekreatif dan seinovatif mungkin terkait sistem atap hijau yang cocok untuk iklim tropis di Indonesia.
Tatok Prijobodo, Country Director PT Onduline Indonesia, mengatakan kegiatan ini bertujuan memotivasi dan mendorong arsitek muda dalam memberikan solusi yang konseptual dan berkelanjutan terkait kebutuhan desain atap yang kuat namun tetap ramah lingkungan dan cocok untuk daerah tropis.
Baca Juga : MBtech Living With Style Award 2018, Kompetisi Desain Online Padukan Gaya Modern Dengan Etnik
"Kami menargetkan 160 karya desain yang masuk di tahun ini, lebih tinggi dari sayembara yang sama dua tahun sebelumnya sekitar 120 karya," kata Tatok.
Tak hanya arsitek, kompetisi desain atap OGRA2019 juga dapat diikuti oleh desainer interior, konsultan perencana dan kontraktor pelaksana yang telah berprofesi minimal satu tahun.
Persyaratannya, para peserta wajib menyerahkan karya asli peserta dan belum pernah dipublikasikan dalam lomba apapun.
Peserta pun bebas menentukan desain penyelesaian dan instalasi atap sesuai dengan iklim tropis Indonesia, asalkan tetap dapat diterapkan di lapangan.
Untuk bentuk bangunannya, bisa berupa rumah tinggal ataupun gedung komersial dengan luas bangunan atap mulai 130 m2 sampai 350 m2.
Baca Juga : Resmi Berakhir, Ini Dia Proses Penjurian Kompetisi Mitra 10 IDEA Architecture Design Bertema Tropical Contemporary House
Adatiga juri yang akan menilai kompetisi Onduline Green Roof Award (OGRA) 2019 yaitu Naning Adiwoso, Core Founder Green Building Council Indonesia, Anggia Murni, Principal of Tropical Greenries dan Tatok Prijobodo, perwakilan dari PT Onduline Indonesia.
Pendaftaran kompetisi desain ini dibuka mulai 1 Februari 2019 sampai 30 Agustus 2019.
Para pemenang kompetisi ini akan diumumkan pada pertengahan September 2019, dengan total hadiah uang senilai Rp75 juta dan dua buah IPAD AIR.
Baca Juga : Rp40 Juta Untuk Pemenang Kompetisi Onduline Green Roof Award (OGRA) 2017
Menariknya lagi, seluruh karya desain akan dibukukan secara eksklusif dalam buku Tropical Green Roof Desain dan distribusikan secara nasional.
Tertarik mengikuti kompetisi desain ini?
(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya