COBE, Rancangan Pusat Olahraga Air dengan Bingkai Piramida Batu Bata

Jumat, 25 Januari 2019 | 15:30
Luxigon

COBE

IDEAonline -Studio Jepang Kengo Kuma and Associates merancang pusat olahraga air di pelabuhan Kopenhagen dengan kolam renang indoor yang dibingkai oleh piramida batu bata dan pemandian outdoor dengan teras bawah berbatasan laut.

Kantor Kengo Kuma memenangkan kompetisi untuk merancang Water Culture House, bekerja sama dengan arsitek Denmark Cornelius Vöge dan insinyur Søren Jensen.

Ini merupakan bagian dari regenerasi COBE di Chistriansholm, daratan buatan yang juga dikenal sebagai Pulau Kertas, karena pernah digunakan oleh pers Denmark untuk menyimpan rim kertas koran mereka.

Basis belapis kaca dari bangunan 5.000 meter persegi ini akan memberikan pemandangan panorama indah ke pelabuhan.

Baca Juga : Waspada Lukai si Kecil, Inilah Tips Memilih Peralatan Makan untuk Bayi

Sementara serangkaian bentuk bata meruncing di atas sebagian akan melindungi kolam yang lebih kecil.

Bangunan ini juga akan mencakup pusat kebugaran dan fasilitas untuk asosiasi olahraga.

"Tepian air [telah] menjadi latar depan dan latar belakang untuk fasilitas budaya utama dan area publik terbuka berkualitas yang mendefinisikan kehidupan perkotaan di kota," kata pernyataan dari arsitek proyek utama Yuki Ikeguchi.

"Fokus kami dalam desain adalah menciptakan pengalaman, dan bukan hanya objek mandiri, dalam bentuk lanskap, seni, dan arsitektur yang disatukan dan ditentukan oleh air," lanjutnya.

Bentuk-bentuk piramida akan terbuat dari batu bata yang dibuat dari tanah.

Luxigon

COBE

Baca Juga : Waduh, Penyakit Ini Bisa Mengintai Anda Kalau Tidak Segera Ganti Bantal!

Beberapa akan menampilkan bukaan segitiga untuk memungkinkan elemen dalam, sementara yang lain akan sepenuhnya tertutup dan atasnya oleh skylight.

Bentuk atap yang terfragmentasi ini menanggapi desain bangunan COBE yang berdekatan, serangkaian ruang atap bernada yang akan digunakan untuk menyelenggarakan acara-acara termasuk peragaan busana dan pasar makanan jalanan.

Luxigon

COBE

Desain COBE akan mengelilingi halaman, di mana Water Culture House akan berdiri di salah satu sudut.

"Bentuk arsitekturalnya, dalam serangkaian bentuk piramida, merupakan respons terhadap pedoman masterplan untuk bekerja dengan profil atap Christiansholm tetapi pada saat yang sama ia mengekspresikan identitas uniknya," jelas Ikeguchi.

"Apa yang berbeda dari sisa bangunan masterplan adalah bahwa arsitektur tidak memiliki satu depan, tetapi multi-arah agar mudah dikenali dan dapat diakses dari berbagai arah," lanjutnya.

Decking akan diperluas dari dasar bangunan berlapis kaca, turun ke permukaan air dan menyediakan akses ke pemandian luar.

Luxigon

COBE

Baca Juga : Tak Pergi Ke Toilet, Penumpang Ini Justru dengan Sengaja Kencing di Lorong Pesawat, Kok Bisa?

"Desain kami berusaha untuk melunakkan dan melarutkan tepi dan mengaburkan rasa batas tanah," kata Ikeguchi.

Luxigon

COBE

Kengo Kumabaru-baru ini terlibat beberapa proyek besar, termasuk V&A Museum of Design Dundee di Skotlandia, yang hampir selesai, dan pembangunan stadionnya untuk Olimpiade Tokyo 2020. (*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya