Gereja Våler Kirke Miliki Atap Piramidal, Bangkitkan Sejarah Bangunan Sebelumnya

Kamis, 14 Februari 2019 | 20:00
Rasmus Norlander

Gereja Våler Kirke

IDEAonline -Pengganti gereja abad ke-19 yang kebakaran di desa Våler di Norwegia memiliki atap kayu piramidal yang menyalurkan cahaya matahari ke ruang-ruang ibadahnya.

Våler Kirke menggantikan gereja kayu bersejarah desa yang hancur total akibat kebakaran pada tahun 2009.

Desain arsitek yang berbasis di Oslo, Espen Surnevik, adalah pemenang kompetisi internasional karena menghadirkan tanggapan empatik terhadap brief dengan menghormati memori dari gereja sebelumnya.

"Kisah utama liturgi telah menjadi narasi gereja: dari api ke kebangkitan," Surnevik menjelaskan, menambahkan bahwa lokasi, bentuk dan materialitas bangunan baru tersebut diinformasikan oleh pendahulunya.

Våler Kirke diposisikan pada sumbu proses yang ada melalui situs.

Baca Juga : Berasa Ada di Dunia Komik, Intip Ilusi Optik di Kafe Yeonnam-dong Ini!

Pintu masuk utamanya secara langsung sejajar dengan bangunan asli tahun 1860, yang diabadikan oleh dinding rendah yang menelusuri garis besarnya di kuburan.

Rencana lantai gedung baru ini diatur dalam empat kuadran, dengan aula utama dan ruang baptisan diapit oleh area komunal dan ruang administrasi.

Pengaturan ini, bersama dengan bukaan oriel yang memproyeksikan pada fasad utara, selatan, timur dan barat, secara langsung merujuk pada bentuk salib-gereja yang lama.

Rasmus Norlander

Gereja Våler Kirke

Baca Juga : Dulunya Bekas Stasiun, Kini Tempat Ini Dirombak Jadi Tempat Wisata Kuliner!

Dua ruang utama ini didefinisikan secara eksternal oleh atap piramidal mereka, yang mencapai ketinggian 12 dan 24 meter.

Kedua struktur atap itu ditutup dengan bukaan yang memungkinkan sinar matahari masuk ke ruang ibadat dan memberi jemaat koneksi visual langsung ke langit.

Rasmus Norlander

Gereja Våler Kirke

Selama proses desain, Surnevik berkolaborasi dengan seniman Espen Dietrichson tentang cara-cara untuk mengekspresikan tema kebangkitan melalui aspek-aspek arsitektur gereja.

Hasil utama dari kolaborasi ini adalah konfigurasi 28 jendela yang menembus sudut timur laut aula utama dan memungkinkan cahaya matahari tambahan jatuh di atas altar.

Rasmus Norlander

Gereja Våler Kirke

Baca Juga : Dulunya Bekas Stasiun, Kini Tempat Ini Dirombak Jadi Tempat Wisata Kuliner!

Bukaan tampak sebagai slot vertikal sederhana bila dilihat dari luar, sementara secara internal Dietrichson memperkenalkan potongan miring dan permukaan cermin untuk memantulkan cahaya dalam pola.

Bangunan ini dibalut secara eksternal di papan pinus kayu, yang merupakan kayu yang biasa digunakan dalam konstruksi lokal.

Rasmus Norlander

Gereja Våler Kirke

Baca Juga : Daun Salam Terbukti Ampuh Mencegah Kanker Darah Seperti yang Diderita oleh Ani Yudhoyono, Intip Cara Praktisnya!

Fasad alam secara bertahap akan menjadi gelap, dan tujuannya adalah bahwa mereka diganti setiap 50 tahun sehingga gereja "akan bangkit kembali sebagai baru untuk setiap generasi yang baru lahir".

Rasmus Norlander

Gereja Våler Kirke

Baca Juga : Catat! 5 Tips Penting Ciptakan Kamar Mandi Nyaman Sekaligus Ruang Relaksasi

Ruang interior dibungkus kayu lapis birch pucat yang membantu meningkatkan rasa ruang dan cahaya yang dihasilkan oleh langit-langit yang menjulang. (*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya