Perabotan di Rumah Mungkin Mengandung Bahan Kimia, Hati-hati untuk Si Kecil!

Rabu, 27 Februari 2019 | 12:30
ytimg

Perabotan di rumah mungkin mengandung bahan kimia berbahaya.

IDEAonline -Penelitian menemukan bahwa anak-anak yang tinggal di rumah dengan lantai vinil atau sofat yang mengandung flame retardant memiliki jejak racun yang berpotensi berbahaya dalam urin atau darah mereka.

Semakin banyak penelitian yang menyoroti sumber bahan kimia yang meresap secara mengejutkan yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Baca Juga : Syahrini Sah Sebagai Istri Reino Barack, Intip Video dan Buku Nikah yang Jadi Buktinya!

Penelitian juga menunjukkan bahwa produk pembersih rumah, deterjen cucian, dan pembalut kain dapat menyebabkan kerusakan perkembangan saraf.

Jenis zat beracun ini bahkan dapat ditemukan pada sampo, kondisioner, dan obat tetes mata.

Pemutih yang kita gunakan untuk membersihkan rumah kita, misalnya, telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi masalah pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronis, yang biasa disebut COPD.

Baca Juga : Lambe Turah Beberkan Suasana Masjid Camii Tokyo, Syahrini dan Reino Barack Siap Akad Nikah?

Bahkan benang gigi pun mengandung zat per dan polyfluoroalkyl (PFAs), yang dihubungkan oleh para peneliti dengan kolesterol tinggi, beberapa bentuk kanker, dan penyakit tiroid.

Penelitian baru menunjukkan bahwa zat yang berpotensi berbahaya ini bahkan lebih luas daripada yang kita duga.

Baca Juga : Putus karena Orang Ketiga? Begini Kabar Terakhir dari Hubungan Hilda dan Billy Syahputra

Perabotan di rumah kita juga dicurigai mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan anak-anak kita, penelitian baru menunjukkan hal itu.

Heather Stapleton, Ph.D., seorang ahli kimia lingkungan di Duke's Nicholas School of the Environment di Durham, NC, memimpin penelitian baru ini.

Dia dan timnya mempresentasikan temuan di American Association for Advancement of Science Meeting, yang tahun ini berlangsung di Washington, DC.

Baca Juga : Usia Kepala Lima, Ferry Salim Mengaku Belum Siap Punya Cucu, 'Nggak Siap Jadi Kakek ya Nggak Suka'

Stapleton dan rekan-rekannya meneliti paparan anak-anak terhadap zat yang disebut senyawa organik semi-volatile (SVOCs) di 190 keluarga.

SVOCs berpotensi bahan kimia berbahaya yang tetap ada di semua lingkungan dalam ruangan. Mebel, bahan bangunan, dan elektronik semuanya mengandung SVOC.

SVOCs belum diselidiki secara memadai, dan bahkan sedikit yang diketahui tentang efeknya pada anak-anak.

Dalam penelitian saat ini, tim memeriksa bagaimana zat-zat ini mempengaruhi 203 anak selama 3 tahun.

Selama waktu ini, para peneliti menganalisis sampel udara dalam ruangan, debu, dan busa yang terkandung dalam furnitur dari rumah anak-anak ini.

Baca Juga : Hotel Tempat Syahrini Menginap Rp 49 Juta Per Malamnya, Intip Kemiripan dengan Postingannya!

Para ilmuwan juga menganalisis sampel tulisan tangan, urin, dan darah dari masing-masing anak.

"Tujuan utama kami adalah untuk menyelidiki hubungan antara produk tertentu dan paparan anak-anak dan untuk menentukan bagaimana paparan terjadi - apakah itu melalui pernapasan, kontak kulit, atau inhalasi debu yang tidak disengaja," jelas Stapleton.

Secara keseluruhan, "kami menghitung 44 biomarker dari paparan ftalat, ester organofosfat, penghambat nyala brominasi, paraben, fenol, agen antibakteri, dan [PFA]," lanjut peneliti.

Baca Juga : Orchid Forest Cikole, Tempat Lalala Fest 2019 yang Padukan Konsep Keindahan Alam dengan Spot Instagramable

Secara khusus, anak-anak yang tinggal di rumah di mana sofa berada di ruang tamu memiliki konsentrasi enam kali lebih tinggi eter diphenyl ether (PBDEs) tahan api dalam serum darah mereka, dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal di rumah yang tidak mengandung PBDE.

Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa paparan atau konsumsi PBDEs dapat menyebabkan diabetes, masalah hati, dan penyakit tiroid, serta efek samping pada sistem saraf, kekebalan tubuh, dan reproduksi.

Baca Juga : Ayu Dewi Punya Banyak Rumah di Satu Komplek yang Sama, Ricis Heran: Orang Kaya Mah Rumahnya Banyak!

Temuan kedua dari penelitian ini adalah bahwa anak-anak yang tinggal di rumah dengan lantai vinil memiliki 15 kali lebih banyak benzyl butyl phthalate dalam urin mereka daripada anak-anak yang tinggal di rumah tanpa lantai vinil.

Penelitian sebelumnya telah mengaitkan ftalat dengan asma, mengi, dan gangguan fungsi endokrin.

Artikel ini pernah tayang di Intisari dengan judul Waspadai, Perabotan di Rumah Mungkin Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Editor : Amel

Baca Lainnya