Bagaimana Jika Kamar Tidur Tak Berbentuk Kotak? Inilah Solusinya Agar Memberi Energi Positif

Sabtu, 16 Maret 2019 | 21:00
MyDomaine

Kamar tidur sebaiknya berbentuk kotak akan memiliki kualitas baik berdasarkan dampak yang terjadi bagi kehidupan penghuninya.

IDEAonline - Sekarang ini banyak desain kamar tidur dibuat tidak dalam bentuk kotak lagi, tetapi bisa dalam bentuk dinding dengan potongan sudut tertentu dengan maksud untuk meluaskan sisi tertentu atau menghilangkan kesan dinding yang monoton.

Desain seperti ini sifatnya sangat dinamis dan tidak menjemukan.

Tetapi sayangnya, menurut Mas Dian MRE, praktisi Feng Shui, bentuk kamar tidur yang tidak kotak ternyata memiliki kualitas yang buruk menurut Feng Shui.

Penjelasan tentang kualitas buruk Feng Shui ini dihitung berdasarkan dampak yang terjadi bagi kehidupan penghuninya, bukan berdasarkan nilai estetika bentuk.

Baca Juga : Berefek ke Penghuninya, Inilah Bentuk Plafon di Kamar Tidur yang Membawa Rezeki

Hal ini disebabkan peran Feng Shui lebih menitikberatkan kualitas hidup seseorang daripada menciptakan bentuk yang baik/modern tetapi dampaknya akan merugikan kehidupan pemakainya.

Namun, bagaimana jika kamar tidur di rumahmu bentuknya tidak kotak?

Tak perlu cemas, inilah solusinya.

1. Kamar Tidur Trapesium atau Miring

Ada kalanya komposisi lahan mengharuskan seseorang untuk merancang ruang mengikuti kontur atau bentuk lahan yang ada, yang mengakibatkan bentuk kamar tidak bisa di buat kotak.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Agar Kamar Tidur Tak Membosankan, Ganti Headboad Tempat Tidur

Contohnya pada lahan yang bagian sisinya miring akibat lebar lahan bagian depan lebih besar daripada bagian belakang atau sebaliknya.

Komposisi ini akan menyebabkan adanya satu ruang (bisa saja kamar tidur) yang berbentuk trapesium.

Bentuk ini sebetulnya bisa dengan mudah disiasati sehingga ruang berbentuk kotak.

Caranya misalnya dengan membuat satu dinding yang sama sisi dengan garis dinding di depannya, atau menutupinya dengan cara membuat lemari pakaian sebagai bidang pembatas.

Baca Juga : Tampilannya Mirip Lemari, Rumah Pria Ternyata Miliki Fasilitas Lengkap Kamar Tidur Hingga Dapur

2. Kamar Tidur Berbentuk “L”

Kamar tidur yang sebenarnya sudah kotak tetapi diberi kamar mandi di dalam kamar, akhirnya akan menciptakan bentuk kamar tidur seperti huruf “L” yang tidak kotak bahkan menyerupai bentuk “pisau”.

Disebut menyerupai pisau karena ada sebagian sudut yang hilang dan bentuknya menyerupai tangkai pisau.

Untuk menyiasati bentuk ini, pada bagian lurus dari dinding kamar mandi (bagian tangkai pisau) dibuat lagi sambungan tembok yang bagian tengahnya dilubangi tanpa kusen pintu (sering disebut sebagai kong liong).

Untuk menuju ke kamar mandi dan menjadikan sisa ruang di depan kamar mandi tersebut sebagai ruang ganti.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Agar Kamar Tidur Tak Membosankan, Ganti Headboad Tempat Tidur

3. Potongan Diagonal

Kamar tidur dengan sudut yang terpotong baik secara diagonal maupun cekungan, sering menciptakan atmosfer yang tidak baik bagi kesehatan.

Paling baik sudut ruang yang hilang tersebut diluruskan sehingga ruangan menjadi kotak agar pengaruh buruk Feng Shui bisa dihilangkan.

Apabila hal tersebut tidak mungkin dilakukan, sebaiknya pada sudut yang terpotong tersebut dipasang satu cermin (posisi cermin di dalam kamar yang sudutnya hilang) agar dapat mengurangi dampak yang tidak menguntungkan. (*)

Baca Juga : Buat Kamar Tidur Jadi Tempat yang Sakral, Ini Dia 4 Cara Mendekorasinya!

Editor : Alfa