Foto Fasad MCD di Malaysia Jadi Viral karena Penulisannya, Ada Apa dengan Resto Mcdonald's di Sana?

Kamis, 22 Agustus 2019 | 19:00
New Straits Times

Salah satu restoran McDonald's di Malaysia ganti nama menjadi 'Mekdi'

IDEAonline- McDonald's di Malaysia baru saja mengubah namanya menjadi 'Mekdi', sesuai dengan sebutannya secara harfiah oleh masyarakat Malaysia.

Perubahan tersebut dilakukan paada 20 Agustus 2019 lalu, tepat saat McDonald's Malaysia merayakan ulang tahunnya yang ke-37.

Baca Juga: Kisah Tak Lulus CPNS hingga Menikah dengan Petinggi Perusahaan Properti, Tilik Kehidupan dan Hunian Milik Ayang Kahiyang yang Paling Disorot

Tulisan 'Mekdi' tertulis dengan persis di gerbang utama toko yang menjadi gerai waralaba pertama tersebut di Malaysia pada 1982.

Perubahan nama tersebut juga dilakukan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Malauysia yang jatuh pada 31 Agustus 2019.

Perubahan nama tersebut dilakukan pada cabang pertama restoran itu di Malaysia, yakni yang berlokasi di Bukit Bintang, yang telah menjadi ikon kota itu, di mana gerai pertama McDonald's Malaysia dibuka pada 29 Mei 1982.

Perubahan nama itu, yang berlaku sementara selama perayaan Bulan Merdeka, yakni bulan memperingati hari kemerdekaan Malaysia.

Perubahan nama tersebut dimaksudkan untuk lebih menunjukkan ke-Malaysia-an restoran itu, yang sudah lebih dari tiga dekade ada di antara masyarakat Malaysia.

Nama "Mekdi" tersebut berasal dari pelafalan warga lokal untuk singkatan dari McDonald's yaitu McD.

Baca Juga: Miliki Bisnis Kosmetik hingga Fashion Semua Diborong, Ivan Gunawan Makin Kaya Raya Sampai-sampai Interior Rumahnya Bak Hotel Berbintang

McDonald's Malaysia

Salah satu restoran McDonald's di Malaysia ganti nama menjadi 'Mekdi'

"Selama 37 tahun terakhir, masyarakat Malaysia telah membantu mengembangkan merek McDonald's menjadi seperti saat ini."

"Sebagai sebagai bentuk penghargaan atas dukungan berkelanjutan yang diberikan masyarakat Malaysia, kami telah memutuskan untuk menggunakan nama akrab 'Mekdi', yang kini identik dengan merek kami," ujar wakil presiden sekaligus kepala pemasaran McDonald's Malaysia, Melati Abdul Hai, dikutip New Straits Times.

Selain mengubah namanya menjadi lebih "Malaysia", dalam rangka merayakan Bulan Merdeka, yakni bulan kemerdekaan Malaysia, McDonald's di negara itu juga memperkenalkan menu lokal, yakni nasi lemak.

Baca Juga: Mewah!! Begini Tampilan Rumah Terakhir Milik King of Pop Semasa Hidup

Nasi lemak versi McDonald's Malaysia ini dengan cepat menjadi salah satu menu favorit yang banyak dipesan warga Malaysia.

Nasi lemak adalah hidangan nasi beraroma yang dimasak dengan santan dan disajikan dengan ikan teri, irisan mentimun, telur goreng, dan sambal pedas.

Tak hanya itu, McDonald's Malaysia, melalui situsnya mengumumkan telah memulai petisi online untuk mengakui nasi lemak sebagai hidangan nasional Malaysia.

McDonald's Malaysia

Petisi McDonald's Malaysia untuk menjadikan Nasi Lemak sebagai hidangan nasional

Petisi tersebut dilakukan setelah menyadari bahwa hidangan nasi lemak sangat populer di antara warga Malaysia.

Baca Juga: Ingin Buat Rumah Terlihat Mewah dan Elegan? Material Beludru Bisa Jadi Pilihan

Petisi itu menargetkan untuk mendapat satu juta tanda tangan sebelum perayaan Hari Malaysia, yakni hari berdirinya negara Malaysia yang akan diperingati pada 16 September mendatang.

Malaysia mendapatkan kemerdekaannya dari Inggris pada 31 Agustus 1957 dengan cara yang sangat damai melalui jalur dialog. Malaysia awalnya merdeka dengan nama Malaya.

Pada hari itu, Perdana Menteri Malaya yang pertama Allahyarham Tunku Abdul Rahman dengan bangga menyatakan kemerdekaan negara itu dengan meneriakkan kata "Merdeka" sebanyak tujuh kali di Stadion Merdeka.

Baca Juga: Sukses Jadi Presiden, Begini Isi Rumah Masa Kecil Donald Trump Tempat Habiskan Masa Kecilnya

Sementara Federasi Malaysia dibentuk dan diumumkan pada 16 September 1963, yang kemudian diperingati sebagai Hari Malaysia.

Namun perayaan hari kemerdekaan nasional Malaysia masih digelar setiap tanggal 31 Agustus, yang merupakan tanggal asli kemerdekaan Negeri Jiran itu.

Hari Malaysia diperingati sebagai hari libur hanya di wilayah Malaysia Timur

Ternyata begitu IDEA lovers!

(*)

Artikel ini pernah tayang di Intisari dengan judulDi Malaysia, McDonald's Mengubah Namanya Jadi Mekdi, Sesuai Penulisan Harfiah untuk 'McD', Ada Apa Gerangan?

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya