Selain Masalah Urin, di Dalam Kolam Renang Juga Terdapat Tinja 'Crypto', Ini Penyakit yang Akan Dirasakan!

Kamis, 10 Oktober 2019 | 13:00
https://www.maxpixel.net/

fakta kolam renang

IDEAonline - Salah satu olahraga yang digemari banyak orang adalah renang.

Selain menyehatkan, olahraga air ini memiliki risiko cedera yang minim sehingga dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga.

Itu sebabnya, banyak pemilik rumah yang ingin memiliki kolam renang di rumahnya.

Baca Juga: Apa Itu Toga? Tilik Fakta Mengenai Tanaman Obat yang Dapat Sembuhkan Penyakit Tanpa Efek Samping

Sebelumnya sebuah penelitian menemukan rata-rata jumlah urin dalam kolam renang adalah sekitar 7,92 galon atau setara 30 liter pada kolam renang kecil.

Sementara pada kolam renang dengan ukuran lebih besar, peneliti menemukan 20 galon atau sekitar 76 liter urin, seperti dikutip dari nationalgeographic.grid.id.

Ternyata, masalah sanitasi di kolam renang tidak berhenti di urin saja.

Dilansir dari CNN pada Jumat (19/7/2019), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengeluarkan peringatan akan adanya parasit fekal 'crypto' yang dapat hidup berhari-hari di kolam renang.

Laporan menyatakan bahwa "crypto," parasit tinja yang dapat ditularkan melalui kolam renang, terus meningkat.

jogja.tribunnews.com

Ilustrasi kolam renang umum

Nama lengkap parasit kripto tersebut adalah Cryptosporidium.

Ini menyebabkan cryptosporidiosis, yang dapat membuat orang dewasa yang sehat menderita "diare yang banyak dan berair" selama tiga minggu.

Efeknya bisa lebih buruk bagi anak-anak, wanita hamil dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Menurut pernyataan dari CDC, jumlah penyakit akibat Cryptosporodium terkait wisata air meningkat dan bahkan melebihi kasus cryptosporidiosis secara keseluruhan.

Baca Juga: Bangun Rumah Sendiri atau Beli Jadi? Berikut Ini 5 Alasan yang Pas!

Meskipun hampir tidak pernah fatal, satu kematian telah dilaporkan sejak 2009, sebanyak 287 orang lainnya dirawat di rumah sakit antara 2009 dan 2017, ungkap CDC.

Sebuah laporan CDC yang dirilis Jumat menjelaskan mengapa ini perlu menjadi perhatian dan membuat khawatir petugas medis:

-Antara 2009 dan 2017, ada 444 wabah cryptosporidiosis dilaporkan di 40 negara bagian dan Puerto Rico.

-Wabah ini mengakibatkan 7.465 orang jatuh sakit.

Stamford Mercury
Stamford Mercury

Tak Hanya Urin Dalam Kolam Renang Juga Terdapat Tinja 'Crypto', Penting Perhatikan Hal ini Saat Berenang! (ilustrasi Kolam renang)

-Rekreasi air - sebagian besar kolam renang, tetapi juga kolam anak-anak dan taman bermain air- bertanggung jawab atas 156, lebih dari sepertiga kasus.

-Air yang tidak diolah (seperti danau) dan air minum menyebabkan 22 kasus.

-Delapan puluh enam kasus melibatkan kontak dengan hewan, kebanyakan sapi.

-57 kasus lainnya dikaitkan dengan pengaturan penitipan anak.

-Dua puluh dua kasus ditularkan melalui makanan, sebagian besar melibatkan susu yang tidak dipasteurisasi atau sari apel.

Baca Juga: Jauh Dari Kata Seram, 5 Bioskop Tua Amerika Serikat ini Justru di Sulap Jadi Restoran Mewah!

-Sebagian besar kasus dilaporkan pada bulan Juli dan Agustus, dan 2016 adalah tahun puncak untuk wabah dengan lebih dari 80 kasus.

-Jumlah kasus meningkat rata-rata 12,8% setiap tahun antara 2009 dan 2017.

CDC menambahkan dua peringatan pada angka-angka tersebut, yang dicurigai 'meremehkan' jumlah kasus aktual dan wabah: Lonjakan kasus mungkin merupakan hasil dari teknologi pengujian baru, dan persyaratan serta kemampuan untuk mendeteksi, menyelidiki dan melaporkan kasus bervariasi di berbagai yurisdiksi.

Bagaimana Parasit Tinja 'Crypto' Masuk Tubuh dan Cara Menghindarinya?

Parasit adalah masalah di kolam renang karena perenang yang terinfeksi dapat 'menebar' parasit di kolam dalam jumlah banyak.

Di kolam, Cryptosporidium dapat masuk ke tubuh ketika perenang menelan air yang terkontaminasi.

Cryptosporidium memiliki toleransi yang tinggi terhadap klorin dan dapat bertahan hidup di kolam terklorinasi dengan baik hingga tujuh hari, kata CDC.

Baca Juga: Diam-diam Menikah di Selandia Baru, Begini Tampilan Hunian Mewah Milik Artis yang Dituding Operasi Plastik dan Menikahi Duda Pengusaha Genset

Bespoke/HouseBeautiful

Kolam Renang Indah

Ada langkah-langkah pencegahan yang dapat membantu membendung jumlah wabah, dan CDC bekerja untuk mendidik masyarakat tentang hal itu.

Anak muda yang menderita diare tidak boleh ditempatkan di penitipan anak, menurut CDC, dan setelah wabah cryptosporidiosis, pekerja penitipan anak harus membersihkan permukaan dengan hidrogen peroksida, karena pemutih klorin merupakan cara yang tidak efektif untuk membunuh parasit.

Baca Juga: Diam-diam Menikah di Selandia Baru, Begini Tampilan Hunian Mewah Milik Artis yang Dituding Operasi Plastik dan Menikahi Duda Pengusaha Genset

Orang-orang yang bersentuhan dengan ternak harus mencuci tangan secara menyeluruh dan melepaskan sepatu atau pakaian apa pun untuk menghindari kontaminasi lingkungan lain, seperti rumah mereka.

Adapun kolam renang, siapa pun yang menderita diare harus menghindari berenang sampai setidaknya dua minggu setelah diare mereka mereda, kata CDC.

Yang terakhir adalah yang paling penting, karena 24% orang Amerika mengatakan mereka akan melompat di kolam renang dalam waktu satu jam setelah diare, menurut survei yang dirilis bulan lalu oleh Dewan Kualitas & Kesehatan Air.

Meskipun kasus ini terjadi di Amerika Serikat, beberapa hal penting seperti penerapan kebersihan juga sebaiknya dilakukan oleh penduduk Indonesia.

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya