Pantau Rumah dengan Praktis, Coba Gunakan Fitur CCTV Saat Tinggalkan Hunian Saat Kosong

Selasa, 17 Desember 2019 | 15:30
allcoper

Pantau Rumah dengan Praktis, Coba Gunakan Fitur CCTV Saat Tinggalkan Hunian Saat Kosong

IDEAonline-Bila ingin yang praktis, pantau saja suasana rumah dari jarak jauh, dengan bantuan CCTV.

Perasaan cemas kerap kali melanda ketika kita meninggalkan rumah dalam kondisi tak berpenghuni karena pembantu pun tak punya.

Baca Juga: Being Urban oleh Ridwan Kamil, 4 Faktor Penting Arsitektur yang Baik

Baca Juga: Ponsel Pintar Tak Ancam Eksistensi TV, Jadi Alasan Sharp Luncurkan Smart TV dengan Google Assistant, Bisa Apa Saja?

Di waktu-waktu lengang itulah pencuri mengincar.

Peristiwa itu kerap dirasakan orang yang tinggal di kota besar. Apalagi kita dituntut tak saling bergantung pada orang lain, termasuk saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Walau sudah ada penjaga atau satpam, tak ada salahnya kita menambah alat pengaman yang teknologinya lebih canggih, yakni CCTV online.

Sampai Luar Negeri

CCTV (closed circuit television) adalah alat video kamera yang digunakan untuk memantau area/wilayah tertentu.

Baca Juga: Dagunya Belum Lancip, Ada-ada Saja Cuitan Warganet Kala Lihat Video Lama Siwi Sidi, Rumahnya Jadi Sorotan Warganet!

Baca Juga: Buat Anak Kost Jangan Lupain Desain Kamar Satu Ini, Engga Sumpek!

CCTV online merupakan perpanjangan tangan dari CCTV konvensional yang selama ini sudah banyak dipasang di area publik seperti mall atau area privat seperti rumah tinggal.

CCTV konvensional bekerja dengan cara merekam kejadian yang tertangkap kamera, kemudian data tersebut tersimpan secara otomatis di dalam harddisk dengan kapasitas tertentu.

Untuk melihat kejadian yang sudah lewat, kita harus memutar ulang data-data di CCTV tersebut.

Sedangkan CCTV online, dilengkapi perangkat agar tersambung ke internet, sehingga bisa dimonitor dan diakses dari jarak jauh, bahkan dari luar negri. Jadi, jika kita memasang perangkat CCTV online, di mana pun kita berada, kita bisa melihat kondisi rumah, menggunakan layar ponsel, PC, laptop, atau tablet yang terkoneksi ke internet.

Apakah semua jenis ponsel bisa dipakai? Menurut Wiliam Pojan, pemilik sekaligus Marketing PT Anugerah Binalestari—distributor CCTV online dengan nama CCTV On Line, semua ponsel yang dilengkapi GPRS untuk koneksi internet bisa dipakai.

Dibuatkan Situs Web

Cara kerja CCTV online, kabel dari modem dihubungkan ke DVR (harddisk untuk menyimpan rekaman). Dari DVR dihubungkan kabel menuju kamera-kamera yang dipasang di sudut ruang.

Baca Juga: Tilik Isi Rumah Bergaya Tropis Unfinished yang Gunakan Karakter Alam Seperti Beton, Semen, hingga Kayu di dalamnya!

Baca Juga: Yuk Coba Teknik Penyimpan pada Dinding, Bisa Ukir Kenangan di Sana!

Kamera yang dipakai disarankan yang diam atau tidak bergerak, karena kamera bergerak umumnya membutuhkan waktu ± 3-5 menit untuk mencapai posisi semula (gerak dari kanan ke kiri atau sebaliknya), walau semua jenis kamera memiliki sudut pandang yang sama, yakni 900.

“Di samping men-setting alat-alat yang terpasang di rumah, ponsel, laptop, PC juga harus diinstal software,” kata Wiliam. Setelah terinstal, para pelanggan akan dibuatkan situs Web dengan kode khusus.

Misalnya nama pelanggannya adalah Kusuma, maka situs Web-nya menjadi www.kusuma.com Bisa juga alamat email-nya berupa nama perusahaan, sandi, dan lain sebagainya.

Dengan terinstalnya program dan adanya situs Web, maka di mana pun Anda berada, kondisi rumah akan selalu terpantau.

Menurut pengakuan Wiliam, rumah Gubernur, Polda, Mabes Polri, Pintu Tol Jakarta-Bandung, hingga rumah-rumah pejabat tinggi negara pernah menggunakan produk miliknya.

Baca Juga: Dagunya Belum Lancip, Ada-ada Saja Cuitan Warganet Kala Lihat Video Lama Siwi Sidi, Rumahnya Jadi Sorotan Warganet!

Walaupun begitu canggih hingga aparatur negara menggunakannya, kondisi listrik memegang peran penting, karena jika lisrik di rumah Anda mati, otomatis jaringan internet dan DVR yang terhubung listrik juga ikut mati.

Anda memang bisa mengakses internet dari luar, tapi tetap saja tak bisa melihat kondisi rumah, kecuali rumah Anda dipasangi genset sebagai cadangan listrik.

Artikel ini tayang di Tabloid Rumahedisi229

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya