Tips Layout untuk Desain Dapur Simpel Nan Modern, Bisa Digabung Jadi Ruang Tamu!

Selasa, 07 April 2020 | 11:00
home-designing.com

ilustrasi dapur+ruang makan (Tips Layout untuk Desain Dapur Simpel Nan Modern, Bisa Digabung Jadi Ruang Tamu)

IDEAonline -Senyum ramah mengembang dari bibir manis Cantika Larasati atau biasa dipanggil Cantika menyambangi kediamannya di apartemennya yang berlokasi di Jl. MH Thamrin, Jakarta.

Baca Juga: Berjejer Mobil Mewah di Garasi Miliknya, Komedian Papan Atas Ini Blak-Blakan Pernah Hidup Susah Sampai Harus Berjualan Pinggir Jalan, Enggak Sangka?

Baca Juga: Miliki 10 Kamar di Rumah Mewahnya, Segini Biaya yang Harus Dikeluarkan Sule untuk Semprot Disinfektan, ‘Imun Kita Lemah’

Wanita yang bekerja di bagian marketing salah satu perusahaan swasta ini ingin berkonsultasi mengenai desain interior apartemennya.

Walau dengan luasan terbatas, yaitu 24 m², ia berharap ruangannya kelak tetap terkesan luas dan berfungsi optimal. “Aku ingin desain yang simpel dan modern,” ucapnya

Ada 2 area yang sudah direncanakan dan keberadaannya tak bisa diganggu, yaitu kamar tidur dan kamar mandi.

Sisanya, terdapat area seluas 2,0 m x 2,5 m yang posisinya berada di area depan setelah pintu masuk dan bersebelahan dengan kamar mandi.

“Area inilah yang masih bingung mau dijadikan ruang apa,” katanya. Di satu sisi, Cantika ingin menjadikan ruang ini sebagai ruang tamu.

“Masa, kalau ada tamu diterimanya di kasur. Kan, enggak mungkin,” terangnya. Hanya di sisi lain, hobinya memasak tak ingin hilang begitu saja karena keterbatasan ruang yang ada. “Pilihannya dilematis,” ucapnya sambil menghela nafas.

Ide ruang tamu digabung dengan dapur

Punya lahan luas dan tak terbatas, pastinya dambaan semua orang. Tetapi, jika memang kondisinya tak memungkinkan, lahan terbatas pun bisa tampil maksimal.

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memaksimalkan potensi yang ada dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Dok. Tabloid RUMAH

Tips Layout untuk Desain Dapur Simpel Nan Modern, Bisa Digabung Jadi Ruang Tamu!

Tak perlu ada istilah “mengorbankan”. Apalagi keberadaan ruang tersebut memiliki peran penting bagi kehidupan Anda.

Ruang tamu dan dapur dapat bersinergi dalam satu area. Fungsi keduanya pun tetap bisa optimal.

Apalagi, dapur masa kini telah jauh keluar dari kesannya yang kotor dan jorok. Dapur bisa tampil anggun dan menjadi poin keindahan sebuah rumah.

Baca Juga: Miliki 10 Kamar di Rumah Mewahnya, Segini Biaya yang Harus Dikeluarkan Sule untuk Semprot Disinfektan, ‘Imun Kita Lemah’

Baca Juga: Kanopi Melindungi Rumah dari Panas dan Hujan, Yuk Pilah Pilih Materialnya

Prinsip utamanya dengan membuat perabot multifungsi. Dalam kondisi tertentu, ruang bisa memiliki peran sebagai ruang tamu atau dapur.

Bahkan tak tertutup kemungkinan keduanya bisa hadir berdampingan. Ruang pun siap menampung tamu yang akan berkunjung ke kediaman Anda dan hobi memasak tak perlu ditinggalkan.

Pintu lemari dapur yang berwarna oranye dapat dibuka dengan putaran 90º hingga tertempel dengan dinding di depannya.

Fungsikan lemari dapur bagian bawah dan atas sebagai tempat penyimpanan. Dengan posisi ini, hobi memasak oke, menerima tamu sekaligus pun tak masalah.

Ruang tamu mungil

Ingin ruang terlihat lebih luas dan hanya menampakkan ruang tamu? Cukup tutup lemari dapur dengan rapat dan angkat papan meja lalu tempelkan ke dinding.

Meja mungil berukuran 0,7 m x 0,5 m pun siap menjadi meja tamu Anda.

Dok. Tabloid RUMAH

Ruang tamu mungil (Tips Layout untuk Desain Dapur Simpel Nan Modern, Bisa Digabung Jadi Ruang Tamu)

Selain itu, desain lemari dapur yang simpel dengan warna putih dan oranyenya bisa menjadi perabot cantik penghias ruang tamu Anda.

Baca Juga: Tahukah Kamu Imun Terbaik Melawan Covid-19? Jalani Gaya Hidup Sehat dan Higienis Seimbangkan dengan Kesehatan Mental, Ini Caranya!

Ciptakan meja makan

Untuk mendapatkan kondisi seperti ini, Anda bisa menutup pintu lemari dapur. Dijamin tamu Anda tak akan menyangka bahwa lemari itu adalah dapur karena keberadaannya seolah tersembunyi.

Setelah itu, bukalah papan berukuran 1,50 m x 0,50 m yang menempel di dinding dan jadikan sebuah meja makan.

Tumpuannya, selain pada ujung papan yang menempel di dinding, meja kayu juga difungsikan untuk memperkuat hingga meja terpasang kuat.

Artikel ini tayang diTabloid RUMAH edisi 202

(*)

Rumah mungil

Berbagi IDEA

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya