Baja Ringan Anti Virus Ini Bisa Hambat Berkembangnya Virus Corona

Kamis, 02 April 2020 | 15:13

Sakura Truss Avico merupakan rangka atap baja ringan yang sudah dilapisi cairan anti virus. Baja Ringan Anti Virus.

IDEAonline - Idea Lovers, Covid-19 atau biasa juga disebut sebagai virus corona jika menempel pada permukaan benda seperti logam, kaca, atau plastik bisa bertahan beberapa hari.

Cepatnya penyebaran dan bahaya yang ditimbulkan akibat terpapar virus Corona ini tentu saja meresahkan semua masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia.

Baca Juga: Pilih Mundur Walau Gaji Naik hingga Rp5 Juta Per Bulan, Terungkap Alasan 21 Cleaning Service di Rumah Sakit Ini Keluar

Baca Juga: Siap Punya Anak Lagi Karena WFH, Pasangan Artis Ini Pamer Mandi Satu Bathtub di Kamar Mandi Mewah, 'Salahin Corona'

Dikarenakan hal tersebut, berbagai upaya dilakukan untuk mencegah berkembangnya virus Corona. Salah satunya dengan beragam inovasi seperti inovasi baja ringan anti virus.

Virus Corona dapat bertahan pada permukaan benda, seperti logam, kaca, atau plastik hingga 9 hari lamanya. Baja ringan anti virus ini bisa diaplikasikan ke berbagai benda.

Baja ringan anti virus ini merupakan salah satu inovasi yang dilatarbelakangi cepatnya penyebaran virus corona.

Bahayanya dampak yang ditimbulkan virus corona yang membuat resah banyak negara termasuk di Indonesia.

Banyak penelitian yang juga menyebutkan kalau virus ini bisa bertahan di berbagai macam permukaan sehingga meningkatkan risiko penularan.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di New England Journal of Medicine bahkan disebutkan, virus ini dapat bertahan pada permukaan benda, seperti logam, kaca, atau plastik hingga 9 hari lamanya.

Sejak 1 bulan terakhir, PT Tatalogam Lestari memproduksi baja ringan anti virus yang mampu meredam perkembangbiakan virus yang menempel pada logam.

Dari hasil uji laboratorium diketahui, baja ringan anti virus ini terbukti dapat menangkal berbagai macam virus dan bakteri berbahaya termasuk virus Covid-19 yang saat ini tengah mewabah.

Stephanus Koeswandi, Vice Presiden PT Tatalogam Lestari mengatakan, produk baja ringan anti virus produksi mereka dilapisi cairan anti-virus khusus yang dapat menutup pori-pori baja sehingga virus tidak dapat berkembang biak di permukaannya.

Virus ini (Covid-19) bisa hidup pada permukaan logam hingga 72 jam, bahkan bisa lebih. Ini karena celah pori-pori benda tersebut jadi tempat hinggap bakteri dan virus.

Virus membelah diri dan bisa bertahan lama.

Dok. Tatalogam

Coil nexalume merupakan bahan baku baja ringan anti virus

“Kami dari Tatalogam ini berinovasi setiap tahun kita selalu memikirkan apa solusinya kalau untuk melapisi logam, karena memang kami ada di produsen hilir baja, bagian pelapisan.

Maka pada kesempatan ini kami mengembangkan satu produk baja ringan anti virus yaitu Nexalume Antivirus dan Sakura Truss Avico,” terang Stephanus dalam keterangannya kepada IDEA, Sabtu (28/3/2020).

Nexalume Anti Virus sendiri merupakan bahan baku baja ringan yang sudah dilapisi cairan anti virus, di-coating 3 kali dengan nano-coating.

Bahan baku ini nantinya bisa digunakan dalam berbagai keperluan seperti meja peralatan medis di rumah sakit, dan bahkan transportasi umum yang rawan dihinggapi dan menjadi tempat berkembang biak virus pembawa penyakit.

Sementara Sakura Truss Avico merupakan rangka atap baja ringan yang sudah dilapisi cairan anti virus.

Baca Juga: Lebih dari Seminggu di Rumah, Pedangdut Ini Isi WFH dengan Memasak Kue Cucur, Wajah Tanpa Makeupnya Jadi Sorotan Warganet

Baca Juga: Terkenal Angker, Youtuber Ungkap Hal Tak Biasa di Rumah Pasangan Artis Ini, Mulai dari Bau Amis hingga Suara Ketukan Kaki

Rangka atap baja ringan anti virus ini diharapkan juga dapat melindungi masyarakat dari bakteri dan virus yang ditularkan dari binatang yang hidup di atap rumah seperti tikus, dan lain-lain.

“Produk ini memang untuk membuat permukaan baja ini jauh lebih aman digunakan.

Jadi bisa mengurangi inhabitan rate atau tempat virus berkembang sampai 99,91 persen.

jadi kalau virus nempel bukan dia mati yah, tapi media tersebut (baja yang sudah dilapisi) oleh teknologi dari nexalum anti virus ini bisa membuat virus ini jadi tidak bisa berkembang biak.

Otomotis ini punya satu anti microbrial di permukaan tersebut,” terang Stephanus lagi.

Inovasi ini pernah diterapkan saat Hongkong, China dilanda wabah SARS pada tahun 2002-2004. Lalu dikembangkan PT Tatalogam menjadi baja ringan anti virus.

Inovasi seperti ini sebenarnya pernah diterapkan saat Hongkong, China dilanda wabah SARS pada tahun 2002-2004 silam.

Saat itu China mencegah penyebaran virus dengan teknologi pelapisan baja dengan cairan anti virus untuk digunakan di transportasi umum seperti MRT, kereta dan tempat umum lain.

Baca Juga: Belum Genap Setahun Kepergok Bertengkar, Pasangan Artis yang Miliki Villa Mewah Angker Ini Jadi Sorotan Warganet, Ada Tanaman Unik dan Wanita Berwujud Ular

Teknologi ini yang kemudian dikembangkan agar dapat diproduksi di pabrik bahan baku baja ringan PT Tata Metal Lestari grup dari Tatalogam di Cikarang.

“Jadi teknologi ini kami kembangkan lagi.

Jadi yang tadinya hanya bisa diproduksi dengan kuantiti terbatas, tapi dengan kami aplikasikan di mesin pelapisan (CGL) kami, bisa diproduksi lebih cepat dan lebih banyak.

Jadi satu bulan kapasitasnya 18 ribu ton. Dan ini kami harap bisa digunakan di mana-mana,” jelas Stephanus.

Lapisan anti virus pada baja ringan ini bisa bertahan antara 5-10 tahun tergantung keadaan lingkungan.

Di kondisi ekstrem, lapisan bisa bertahan 5 tahun dan tidak butuh perawatan lain.

Karena itu produk ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada berbagai benda seperti meja rumah sakit, transportasi umum, perkantoran, rumah pribadi bahkan hingga benda-benda lain yang rawan dihinggapi virus seperti gagang pintu.

Baca Juga: Siap Punya Anak Lagi Karena WFH, Pasangan Artis Ini Pamer Mandi Satu Bathtub di Kamar Mandi Mewah, 'Salahin Corona'

Baca Juga: Termasuk 7 Bangunan Paling Berhantu di Dunia, Terungkap Isi Rumah Sakit Jiwa Gonjiam Korea Selatan yang Dulunya Sebagai Tempat Eksperimen Kejam

Baja ringan anti virus ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada berbagai benda seperti meja rumah sakit, transportasi umum, perkantoran, rumah pribadi bahkan hingga benda-benda lain yang rawan dihinggapi virus seperti gagang pintu.

“Jadi ini mungkin ini inovasi kami untuk ikut membantu memerangi wabah wabah ini dan mungkin bahkan ke depan jika ada penyakit lain, ini (baja ringan anti virus) bisa mengurangi juga lah,” terangnya lagi.

Semoga inovasi baja ringan anti virus ini menjadi bisa menjadi salah satu solusi agar pandemi ini segera berakhir di Indonesia tercinta ya Idea Lovers!

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya