Berbagi IDEA Agar Sink Selalu Bersih Biar Tak Jadi Sarang Bakteri

Selasa, 07 April 2020 | 07:00
motivatedmuscle.club

Kebersihan keran pada sink sering terlupakan, padahal bisa jadi sumber penyakit.

IDEAOnline-Sink di dapur adalah tempat bersarangnya bakteri. Ini karena sink tidak hanya dipergunakan untuk mencuci perkakas makan dan masak, tetapi juga mencuci sayuran, bumbu, daging, dan ikan.

Saat mencuci piring dan perkakas, kita sering membuang sisa kuah dan makanan ke saluran pembuangan yang ada pada sink.

Berbagi IDEA kali ini adalah cara merawatsink agarterjaga kebersihannya.

1. Sebelum proses mencuci peralatan makan dan perkakas, pisahkan sisa makanan (sampah) ke tempat penampungan sementara yang kemudian akan Anda buang ke tempat pembuangan sampah di luar rumah.

Baca Juga: Simak! Cara Atasi Masalah di Dapur, dari Usir Tikus Sampai Sink Pampat

Foto Adeline Krisanti Lokasi Informa

Tak hanya cantik dilihat, dapur utamanya harus dijaga kerapian dan kebersihan setiap elemennya, termasuk sink.

2. Sisa-sisa berbentuk cairan atau kuah jangan dibuang ke bagian dalam sink karena dapat meninggalkan jejak warna dan membuat permukaan sink menjadi buram. Buang langsung cairan ke dalam lubang tabung penyaring kotoran.

3. Basahi spons, berikan cairan sabun, lalu gunakan untuk mencuci bagian dalam sink dan bagian belakang keran, bilas dengan air. Lakukan lagi hingga sisa lemak dan kotoran hilang. Jangan menggunakan sabut baja untuk menggosok, karena dapat menimbulkan goresan yang bisa menimbulkan karat.

4. Keluarkan tabung penyaring kotoran, buang sisa kotoran di dalamnya, cuci tabung dengan spons yang sudah diberi sabun hingga kotoran dan lemak hilang, bilas.

Baca Juga: Feng Shui: Kebersihan Dapur tentukan Banyak Rezeki, Ini Penjelasannya!

Foto Adeline Krisanti

Dekat dengan bukaan sehingga mendapat udara dan cahaya, penempatan sink ini ideal.

5. Untuk membersihkan saluran pembuangan, ambil 1,5 sendok baking soda yang dicampur dengan sedikit air, siramkan ke lubang saluran, diamkan beberapa saat lalu siram dengan air keran.

6. Ambil beberapa potong jeruk lemon, gosokkan ke permukaan sink untuk mengusir bau kurang sedap dan menjagastainless steel-nya tetap berkilau.

7. Keringkan sink agar kotoran dan residu yang tertinggal dari air cucian serta noda air tidak meninggalkan bekas pada stainless steel.

Baca Juga: Bersihkan Lemak di Piring, Ikuti Proses Ini agar Noda Tak Menyebar

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya