Mau Renovasi Ruang Kerja Biar Semangat Wfh? Jangan Anggap Sepele, Ini Tipsnya!

Jumat, 10 April 2020 | 13:00
unsplash.com

Ilustrasi WFH

IDEAonline -Saat bekerja di rumah menjadi pilihan, maka ruang kerjalah yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Tak Sekedar Membersihkan, Ini 3 Tips Rumah yang Jarang Diketahui namun Amat Berguna!

Baca Juga: Simpan Obat Anak di Kulkas, Sang Ibu Kaget Temukan Anak Pingsan dengan Mulut Berbusa hingga Hampir Meregang Nyawa, Ini Alasannya!

Konon ruang kerja yang nyaman akan memberi lebih banyak inspirasi bagi seseorang yang bekerja di dalamnya.

Ruang kerja di rumah—biasa disebut juga home office—kinikian ramai dihias. Jika dahulu cukup dengan meja dan kursi kerja di sudut ruang, sekarang berkembang menjadi ruang yang didesain khusus.

Kenyamanan

Kenyamanan menjadi penting sebab ruang ini diharapkan dapat mendatangkan kreativitas bagi seseorang yang sedang bekerja.

Aspek inilah yang membuat desain ruang kerja di rumah semakin dioptimalkan. Tak Sekadar Tempat untuk Menulis Komputer, printer, telepon, mesin fax adalah sebagian contoh benda-benda yang harus Anda pertimbangkan dalam menata ruang kerja.

Sesuai dengan kebutuhan masing-masing bidang profesi, kelengkapan untuk mendukung pekerjaan ini harus tertampung dalam satu ruang.

Sudut Optimal

Usahakan agar setiap sudut memberikan manfaat yang optimal, seperti halnya di kantor yang sifatnya sangat fungsional.

Meja dan kursi sebaiknya dipilih yang fungsional supaya tetap mendukung pekerjaan. Besar meja harus disesuaikan dengan seberapa banyak benda yang akan berada di atasnya.

Khusus untuk kursi, carilah produk yang menomor-satukan segi ergonomisnya sebab benda ini akan Anda duduki dalam waktu lama.

unsplash.com

Ilustrasi WFH

Letak ruangan

Agar tidak mudah terganggu oleh kegiatan di rumah, sebaiknya letak ruang dibedakan (tidak digabung) dengan ruang lain.

Baca Juga: Idap Kanker Otak, Artis Dangdut yang Meninggal Dunia pada Usia 48 Tahun Ini Simpan Benda Tak Biasa di Ruang Tamunya

Baca Juga: Idap Kanker Otak, Artis Dangdut yang Meninggal Dunia pada Usia 48 Tahun Ini Simpan Benda Tak Biasa di Ruang Tamunya

Kerja di rumah bukan berarti tak harus berapi-rapi; Anda tetap harus “menertibkan” tumpukan kertas-kertas, kas bon, buku, dan lain-lain dengan satu tempat penyimpanan yang terorganisir.

Keberadaan lacilaci dan lemari jangan dianggap sepele kalau ingin meja selalu rapi. Perhatikan juga penerangan ruang dan arah pendingin ruangan,jangan sampai keduanya mengganggu efektivitas kerja.

Berani Main Warna Ada enaknya menata ruang kerja di rumah; Anda bebas mengekspresikan keinginan.

Berbeda dengan suasana kantor yang serba formal, tidak ada aturan baku untuk home office.

Main warna dan tektur

Kalau Anda ingin ruang kerja tampil lebih ekspresif, cobalah bermain-main dengan tekstur dan warna. Tekstur yang unik dan tidak biasa akan meningkatkan mood.

Tapi hati-hatilah dengan pemilihan warna. Warna “berani” beresiko membuat Anda cepat bosan.

Oleh sebab itu gunakan warna berani untuk elemen interior yang sifatnya mudah diganti-ganti. Karpet, lukisan, bingkai foto, dan bunga adalah beberapa contoh elemen yang bisa “diwarnai”.

Bagaimana dengan ruang kerja Anda?

Artikel ini tayang di Tabloid RUMAH edisi 52

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya